Wednesday, 9 Muharram 1440 / 19 September 2018

Wednesday, 9 Muharram 1440 / 19 September 2018

Ini Alasan Sebaiknya tidak Membunuh Laba-Laba

Rabu 23 May 2018 19:32 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Laba-laba

Laba-laba

Foto: Wikipedia
Laba-laba yang membuat sarang di rumah sering kali menangkap serangga penganggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laba-laba mungkin menjadi salah satu hewan yang ditakuti banyak orang. Bentuknya yang menyeramkan dan ketakutan akan digigit sering kali menjadi alasan. Namun, sebenarnya hewan berkaki banyak tersebut tidak selalu perlu dibunuh apabila kita menemukannya di dalam rumah.

Dilansir di the Raw Story, mengutip dari penelitian yang dilakukan oleh Matt Bertone dari North Carolina State University, banyak laba-laba yang menikmati hidup di dalam rumah manusia. Meskipun secara umum laba-laba adalah predator dan memakan apa pun yang bisa ditangkap, hewan ini lebih sering menangkap serangga mengganggu seperti nyamuk. Bahkan, ada laba-laba yang lebih memilih memakan nyamuk peminum darah.

Apabila laba-laba lebih sering menangkap serangga pengganggu manusia, tentunya keberadaan hewan tersebut di dalam rumah justru memberi dampak baik. Oleh karena itu, membunuh laba-laba bukan berarti memberikan dampak baik. Bisa jadi serangga seperti nyamuk makin merajalela.

Selain itu, laba-laba sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia. Kakinya yang banyak dan memiliki bisa memang menyeramkan. Akan tetapi, kebanyakan bisa yang dimiliki laba-laba tidak berbahaya. Bahkan, tidak banyak laba-laba yang bisa memasukkan taringnya ke kulit manusia.

Laba-laba sebenarnya juga takut pada manusia. Oleh karena itu, mereka tidak akan menyerang manusia. Justru apabila ada manusia mendekat, mereka akan bersembunyi.

Meskipun demikian, apabila Anda tidak nyaman dengan keberadaan laba-laba, sebaiknya tidak langsung membunuh hewan tersebut di tempat. Akan lebih baik untuk menangkap laba-laba tersebut dan melepasnya di luar rumah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA