Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

Wednesday, 5 Zulqaidah 1439 / 18 July 2018

NASA Ciptakan Antena Portabel Permudah Pengiriman Data

Selasa 20 March 2018 05:34 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

NASA

NASA

Foto: AP
Sistem ini hanya membutuhkan akses listrik dan internet.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- NASA akan segera memiliki pilihan yang lebih fleksibel untuk mengirimkan data ke bumi. Mereka saat ini tengah menguji sistem komunikasi ruang portabel dari ATLAS Space Operations. 

 

Dikutip dari Engadget, Senin (19/3), ATLAS Links adalah struktur mobile yang sistem empat antenanya tidak hanya relatif ringan, dimana masing-masing antena kurang dari 10 lbs, namun dapat diatur dalam beberapa menit. Jika peneliti ingin mengambil temuan ilmiah atau melakukan pemeriksaan status, mereka dapat meluncurkan stasiun Links kapan dan di mana mereka membutuhkannya.

 

Sistem ini hanya membutuhkan akses listrik dan internet, dan dapat menangani beberapa pesawat ruang angkasa setiap saat, serta berguna untuk cubesats dan satelit kecil lainnya yang mungkin terbang dalam lintasan. Link ATLAS akan berada di laboratorium untuk sementara waktu. 

 

Namun ada janji misi 'bayangan' masa depan di mana antena beroperasi di samping stasiun reguler yang terhubung ke NASA's Near Earth Network. Jika semua berjalan lancar, antena ini bisa melengkapi lampu luar angkasa dan bahkan berfungsi sebagai backup jika terjadi yang terburuk dan stasiun tetap akan turun. 

 

Kru misi tidak harus tahan lama sebelum menemukan apakah sebuah pesawat ruang angkasa telah mengumpulkan info yang mereka butuhkan atau apakah masih hidup atau tidak. Sebab, satelit ini memiliki banyak fleksibilitas dalam hal mengirim data kembali ke Bumi.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA