Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Dokter di India Berhasil Operasi Tumor Terbesar di Dunia

Kamis 22 February 2018 22:05 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Esthi Maharani

Tumor otak

Tumor otak

Tiga rumah sakit mengatakan tak bisa mengoperasi tumor tersebut

REPUBLIKA.CO.ID,  MUMBAI -- Dokter di India berhasil mengeluarkan tumor otak berukuran 1,8 kg dari seorang pria berusia 31 tahun. Tumor otak ini diketahui merupakan yang terbesar di dunia.

Operasi yang berlangsung tujuh jam tersebut berlangsung pada 14 Februari di rumah sakit Nair di kota barat Mumbai. Namun prosedurnya tidak dipublikasikan karena dokter tidak yakin sampai sekarang jika berhasil.

"Sekarang ini masalah pemulihan tapi dia tidak beresiko," kata Dr Trimurti Nadkarni, kepala bedah saraf kepada BBC, Kamis (22/2).

Santlal Pal, pemilik toko dari negara bagian utara Uttar Pradesh, telah memiliki tumor tersebut selama tiga tahun sebelum operasi dilakukan. Dokter mengatakan Pal telah kehilangan penglihatannya karena tumor. Namun, ia tetap berharap pascaoperasi penglihatannya pulih kembali.

Istrinya mengatakan kepada surat kabar Hindu bahwa mereka telah mendatangi beberapa rumah sakit untuk mengobati tumor tersebut. Semuanya kompak menyatakan tumor yang diderita Pal tidak bisa dioperasi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES