Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Daripada Ketakutan, AS Diprediksi akan Sambut Alien

Ahad 18 Feb 2018 09:40 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Esthi Maharani

Aliens/ilustrasi

Aliens/ilustrasi

Respons masyarakat AS secara umum terbilang positif.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jika alien mendarat di bumi, mereka mungkin akan mendapat sambutan hangat dari manusia. Dalam riset yang dipublikasikan di pertemuan tahunan American Association for the Advancement of Science, hal serupa juga didapati para peneliti.

Psikolog sosial Arizona State University, AS, Michael Varnum mengatakan, jika kehidupan mikrob ekstraterestrial ditemukan misalnya di Mars, respons masyarakat AS secara umum terbilang positif. Kabar bahwa alien kemungkinan memiliki kecerdasan juga mendapat respons yang hampir serupa dari masyarakat AS, demikian dilansir Science News, Jumat (16/2).

Dari riset yang Varnum dan tim lakukan terhadap 500 orang di AS menggunakan perangkat lunak yang menganalisis emosi, respons warga terhadap temuan mikrob alien oleh para saintis diketahui kebanyakan dari mereka menyambut positif jika alien benar-benar mendarat di bumi. Hal itu mengindikasikan warga AS bereaksi positif terhadap temuan bentuk kehidupan asing. Partisipan riset ini juga bisa jadi punya kecenderungan mendorong penemuan alien.

Namun tentu saja, respons masyarakat AS hanyalah sebagian kecil dari seluruh populasi masyarakat dunia. Karena itu, Varnum dan timnya tengah mencari tahu respons masyarakat dari budaya yang berbeda untuk membandingkan bagaimana masyarakat dunia merespons kabar mikrob alien.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA