Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

SpaceX Luncurkan Satelit Internet Akhir Pekan Ini

Kamis 15 Februari 2018 13:17 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri

Space X

Space X

Foto: Mashable
Satelit terebut bisa digunakan banyak orang di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, Selama beberapa tahun terakhir Elon Musk selalu membicarakan perihal peluncuran ribuan satelit. Ia mengatakan, ribuan satelit mampu mengorbit rendah dengan kemampuan menyediakan internet berkecepatan tinggi. Satelit terebut bisa digunakan banyak orang di seluruh dunia.

Dilansir melalui Engadget, SpaceX akan meluncurkan satelit internet pada akhir pekan ini. Kabar tersebut diumumkan pada kongres tahun lalu bahwa SpaceX berencana meluncurkan dua demo pertama satelit di akhir 2017 dan awal 2018. Apabila demo berjalan lancar maka operasional satelit pertama bisa dilepas tahun depan.

 

Kabar tersebut dibenarkan dalam surat tertulis yang terbit belum lama ditujukan pada The Federal Communications Commission (FCC). Dalam surat tersebut SpaceX mengatakan bahwa dua satelit eksperimental, yakni Microsat-2a dan 2b akan dilepas bersama roket Falcon-9. Roket juga membawa Paz, sebuah satelit pengamatan radar milik pemerintah Spanyol.

 

Berdasarkan informasi yang diterima Engadget, jadwal lepas satelit sekitar 17 Februari 2018. Falcon 9 terjadwal lepas landas di Air Force Base Vandenberg sekitar pukul 6 pagi waktu setempat. SpaceX memiliki rencana besar untuk memiliki semua satelit internet yang mengorbit pada 2024 mendatang. Proyek ini diperkirakan menelan biaya hampir 10 miliar dolar AS.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA