Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Bisakah Hiu Menjadi Vegetarian?

Ahad 28 January 2018 16:04 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

Hiu Putih. Ilustrasi

Hiu Putih. Ilustrasi

Foto: Google
Hampir semua hiu, tidak memiliki kemampuan untuk mencerna bahan tanaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian baru telah melihat kebiasaan makan hiu bonnethead, dan menemukan bahwa mereka tidak seperti keluarga Sphyrnidae lainnya. Bonnethead dapat dengan senang makan pada lamun, sejenis rumput laut yang hidup di dasar laut.

Para ilmuwan awalnya menyarankan agar bonnethead makan lamun pada 2007. Namun tidak diketahui apakah mereka memakannya secara tidak sengaja atau benar-benar mengonsumsinya secara rutin.

 

Peneliti dari University of California Irvine memutuskan untuk melihat lebih dekat spesies tersebut. Mereka melaporkan temuan pada Pertemuan Tahunan Society for Integrative and Comparative Biology pada 7 Januari.

 

Untuk mempelajari diet aneh hewan ini, tim peneliti "menangkap beberapa individu dan membawanya ke laboratorium di Florida International University, di mana mereka diberi makanan 90 persen rumput laut selama beberapa pekan," Sci-news melaporkan.

 

"Lamun telah diberi label dengan isotope carbon-13, jadi ketika hiu mengonsumsinya, kita bisa menguji tanda carbon-13 di jaringan hiu dan melihat apakah nutrisi dari lamun benar-benar terangkat ke dalam tubuh," kata peneliti dilansir dari laman Brinkwire.

 

Mereka juga menganalisis kotoran ikan hiu untuk melihat apakah hiu mencerna lamun, dan bukan diekskresikan tanpa diproses oleh sistem pencernaan hewan.

 

Hewan karnivora, seperti hampir semua hiu, tidak memiliki kemampuan untuk mencerna bahan tanaman, namun ternyata bonnethead pengecualian. Mereka memang makan lamun, dan mengeluarkan nutrisi yang diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka.

 

Setengah dari lamun yang dicerna oleh hiu dicerna untuk nutrisi, sementara separuh lainnya diekskresi tidak tercerna. Ini menunjukkan bahwa perut mereka telah disesuaikan untuk memberi makan pada rumput laut dan juga daging, membuat mereka omnivora, kata para ilmuwan.

 

"Kami mengamati tidak ada efek kesehatan yang negatif, dan hiu bahkan bertambah berat selama penelitian," kata para peneliti.

 

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa padang lamun, yang saat ini terancam oleh perubahan iklim, merupakan bagian penting dari makanan hiu.

 

Bonnethead biasanya bisa terlihat di sepanjang pantai Utara dan Amerika Latin, dari New England sampai Teluk Meksiko dan Ekuador. Mereka tinggal di perairan dangkal, di muara sungai atau teluk. Mereka biasanya berukuran antara 51-90cm, dan bisa tumbuh maksimal 1,5 m.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Spanyol Taklukkan Iran 1-0

Kamis , 21 June 2018, 03:21 WIB