Monday, 11 Syawwal 1439 / 25 June 2018

Monday, 11 Syawwal 1439 / 25 June 2018

Fenomena Alam Langka 2017 di Berbagai Belahan Dunia

Senin 01 January 2018 06:30 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri

Air terjun api.

Air terjun api.

Foto: Metro.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, Satu tahun yang menakjubkan telah berhasil dilalui. Rasanya tidak berlebihan jika ucapan rasa syukur terpanjatkan mengingat satu tahun yang dilalui ini tidak luput dari sejumlah peristiwa penting mulai dari kejadian yang melibatkan isu kemanusiaan hingga bencana alam.

Fenomena alam menjadi salah satu hal yang menarik perhatian masyarakat dunia, tidak terkecuali warganet. Banyak diskusi panjang soal keanehan alam itu yang mewarnai sejumlah laman media sosial. Lalu apa saja fenomena alam langka yang telah menggegerkan dunia sepanjang 2017?

Gerhana Matahari Total

Jutaan masyarakat di Amerika Utara pada 21 Agustus lalu berkesempatan untuk menyaksikan gerhana matahari total.  Di Amerika, fenomena ala mini disambut meriah karena termasuk kejadian langka. Pasalnya, gerhana matahari total terakhir melintas di benua tersebut pada 1918  atau hampir satu abad lamanya. Sementara di Indonesia, gerhana matahari total terakhir terjadi dua tahun lalu pada 9 Maret 2016 dan akan kembali terlihat pada 2023.

Tornado Api

Tornado menjadi salah satu bencana yang sangat ditakuti. Apa saja yang dilintasi oleh angin berputar ini sudah dapat dipastikan akan porak poranda. Mengerikan bukan? Namun, apa jadinya jika tornado turut mengandung api. Tornado api pernah terjadi di daratan Australia Barat pada Februari lalu. Tornado ini terlihat mengerikan dengan tinggi putarannya yang mencapai 300 meter dan kepulannya yang berwarna hitam. Tornado api terbentuk setelah putaran angin mengenai api yang menyala dan terperangkap di dalam pusaran.

Tornado Salju atau Snownado

Selain tornado api, salju yang terperangkap dalam putarangan angin juga bisa membuat tornado menjadi lebih mengerikan. Sekelompok pendaki yang sedang berada di Taman Nasional Tatra di Polandia sempat merekam kejadian langka tersebut belum lama ini tepatnya Desember. Tornado melintasi taman nasional dan mengangkat salju-salju yang ada disekitarnya.

Air Terjun yang Mengalir ke Atas

Lazimnya air terjun mengalir ke bawah bukan? Pada Oktober lalu, warga Inggris digegerkan dengan air terjun yang arusnya mengalir justru ke atas. Fenomena langka tersebut terjadi karena terkena kuatnya laju angin yang terpengaruh badai tropis Ophelia. Namun tidak lama kemudian, setelah badai tersebut melintasi Cumbria, air terjun kembali mengalir normal.

Air Terjun Api

Sebuah fenomena alam membuat air terjun di California seolah-olah mengalirkan lava api. Hal tersebut sempat membuat pengunjung Taman Nasional Yosemite terkagum-kagum pada Februari lalu. Fenomena ini terjadi karena ilusi optik yang tercipta air terjun terkena cahaya matahari. 

Menyingkap Dasar Lautan

Garis pantai sepanjang Long Island di Bahama tersingkap pada September lalu setelah badai Irma dengan kekuatan besar menerjang. Terjangan ini menyebabkan air laut surut. Fenomena ini pertama kali terungkap di Bahama ketika seorang warga mengunggah sebuah video melalui Twitter yang menggambarkan pantai Long Island terlihat tidak berair.  Video tersebut menunjukkan sebidang daratan pasir basah dengan rumah-rumah kerang yang bertebaran di atasnya. Sebelumnya, fenomena juga pernah terjadi pada 1936 di Pulau Acklins, Bahama.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA