Rabu, 4 Zulhijjah 1439 / 15 Agustus 2018

Rabu, 4 Zulhijjah 1439 / 15 Agustus 2018

Ilmuwan Ungkap Galaksi 5 Miliar Tahun Cahaya

Rabu 06 September 2017 13:35 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

Galaksi bima sakti (ilustrasi)

Galaksi bima sakti (ilustrasi)

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, Para ilmuwan telah menemukan bukti medan magnet galaksi terbentuk sejak awal dalam kehidupan sebuah galaksi, dan kemudian tetap stabil. Ini dibuktikan berdasarkan pengamatan pada galaksi lain sekitar 5 miliar tahun cahaya dari bagian kosmos.

Medan magnet di sekitar galaksi ini serupa dengan kekuatan dan konfigurasi pada Bima Sakti. Artinya, para astronom dapat belajar banyak darinya tentang bagaimana daya tarik di alam semesta bekerja.

Sebelumnya tidak ada yang mengukur medan magnet galaksi sejauh ini, atau pada tahap awal kehidupan. Galaksi yang jauh adalah 5 miliar tahun, namun memiliki medan magnet yang sebanding.

"Ini berarti bahwa magnetisme dihasilkan sangat awal dalam kehidupan galaksi dengan proses alami, dan dengan demikian hampir setiap benda langit bersifat magnetis. Implikasinya adalah kita perlu memahami daya tarik untuk memahami Alam Semesta," kata salah satu tim, Bryan Gaensler dari University of Toronto di Kanada.

Medan magnet di sekitar galaksi jauh lebih lemah daripada planet-planet di sekitar planet. Medan Milky Way sekitar satu juta kali lebih lemah dari pada Bumi, misalnya dan satu hipotesis adalah medan magnet galaksi menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu, dilansir laman Sciencealert.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA