Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Malam Ini, Hujan Meteor Terlihat dengan Intensitas 100 Kali per Jam

Selasa 03 Januari 2017 10:55 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

hujan meteor Quadrantid

hujan meteor Quadrantid

Foto: Barry Simon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selamat datang di tahun 2017. Di awal tahun 2017 ini, kembali ada 'pertunjukan langit' nan cantik yang bisa disaksikan. Pekan ini, akan terjadi  hujan meteor terbaik tahun ini. Hujan meteor Qudrantid akan terjadi pada Selasa (3/1) dan Rabu (4/1), tergantung di belahan Bumi mana hujan meteor ini disaksikan.

Hujan meteor tahunan ini dipicu oleh puing-puing debu luar angkasa yang terbakar di atmosfer Bumi. Terbakarnya puing-puing debu luar angkasa ini menghasilkan pemandangan hujan meteor yang pada puncaknya mencapai 100 kali per jam.

Sayangnya, hujan meteor ini hanya bisa dilihat dari belahan bumi utara saja. Waktu terbaik untuk menyaksikan hujan meteor ini adalah antara tengah malam hingga subuh. Namun, tidak seperti juna meteor Perseids dan Geminids yang puncaknya bisa berlangsung selama beberapa hari, hujan meteor Quadrantid hanya berlangsung selama dua jam.

Perkiraan waktu terbaik untuk menyaksikan hujan meteor ini adalah pada Selasa (3/1) pukul 14.00 UTC. Bagi Anda yang kebetulan sedang berada di Amerika Utara dapat menyaksikannya sebelum fajar, sedangkan Anda yang berada di Asia bisa menyaksikan pada (4/1) dini hari.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA