Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

4 Unsur Kimia Baru Resmi Dapatkan Nama dan Simbol dari IUPAC

Senin 05 Dec 2016 13:18 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Cokelat dengan pola sistem periodik unsur.

Cokelat dengan pola sistem periodik unsur.

Foto: Chemistry Lover

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat unsur kimia baru kini telah memiliki nama dan simbol resmi di International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC). Setelah ulasan selama lima bulan, para ahli kimia yang tergabung dalam IUPAC ini menyepakati empat nama untuk unsur super berat dengan nomor atom 113, 115, 117 dan 118.

4 Unsur Baru Resmi Masuk di Tabel Periodik Kimia

Dilansir dari Livescience, Unsur 113, diberi nama Nihonium (Nh), unsur dengan nomor atom 115 diberi nama Moscovium (Mc), unsur 117 diberi nama Tennessine (Ts) dan unsur 118 diberi nama Oganesson (Og). IUPAC mengumumkan, pada bulan Januari 2017, empat unsur ini akan resmi masuk di tabel periodik unsur. Namun, ketika masuk di tabel periodik ini, unsur-unsur tersebut tetap belum bernama. Pada bulan Juni 2017 mendatang, barulan nama-nama baru ini akan diumumkan secara resmi oleh IUPAC.

Selama lima bulan, IUPAC masih memberikan kesempatan kepada para ahli untuk memberi saran atau masukan mengingat nama-nama unsur baru ini akan digunakan di seluruh dunia dan memiliki bahasa publik. "Ini adalah sebuah kehormatan mengingat begitu banyak orang yang tertarik memberikan nama bagi undsur-unsur ini, termasuk siswa-siswa SMA. Akan sangat bangga jika mereka bisa membuat essai untuk berpartisipasi dalam diskusi nama ini," ujar Jan Reedijk, presiden IUPAC untuk divisi Kimia Anorganik.

Ilmuwan di Jepang mengusulkan nama Nihonium (113) untuk mengabadikan nama Jepang dalam sistem periodik unsur. Nama untuk unsur 115 dan 117 diusulkan oleh periset gabungan dari peneliti Rusia. Nama Moscovium dan Tennessine mengacu pada daerah di mana unsur itu berhasil diciptakan. Sementara, nama Oganesson untuk unsur dengan nomor 118 ini diusulkan untuk menghormati Yuri Oganessian yang berkontribusi dalam berbagai penelitian mengenai unsur sehingga banyak berjasa di bidang fisika nuklir.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA