Rabu, 4 Zulhijjah 1439 / 15 Agustus 2018

Rabu, 4 Zulhijjah 1439 / 15 Agustus 2018

Ilmuwan Temukan Dugaan Bekas Tsunami di Planet Mars

Jumat 20 Mei 2016 02:35 WIB

Rep: Rizky Suryarandika / Red: Dwi Murdaningsih

Bukti yang diduga bekas tsunami di Mars.

Bukti yang diduga bekas tsunami di Mars.

Foto: BBC

REPUBLIKA.CO.ID, Para ilmuwan menemukan adanya bukti atas dua bencana tsunami yang mungkin pernah melumat daratan di planet Mars. Bukti itu didapat dari data satelit yang menunjukkan pergerakan sedimen-sedimen di bagian Tenggara planet tetangga bumi tersebut.

Tim ilmuan asal Amerika itu menyatakan asteroid atau komet berpeluang menjadi penyebab tsunami tersebut. Jatuhnya benda angkasa itu menyebabkan gelombang tinggi pada air laut.

Kejadian itu diprediksi terjadi lebih dari tiga miliar tahun lalu ketika Mars bersuhu hangat. Namun kini cuaca dingin dan kering telah membekap Mars tanpa adanya lautan. Sehingga benda asing apapun yang menghantam daratan planet itu hanya menghasilkan lubang saja.

"Jelas, itu jadi salah satu bukti sebab kalau ingin ada tsunami maka harus ada lautan," kata Alexis Palmero Rodriguez, salah satu peneliti, dilansir dari BBC.

Ia beserta tim berencana memasukan penemuannya dalam jurnal laporan ilmiah. Mereka mengklaim sedimen-sedimen yang diteliti merupakan hasil dua mega tsunami di masa lalu.

Di sisi lain, peneliti dari Universitas College London, Peter Grindrod mempertanyakan bukti tersebut. Sebab menurutnya kabar adanya lautan di sebelah tenggara Mars sudah didengungkan sejak beberapa dekade lalu. Namun belum ada bukti konkret yang bisa mendukung gagasan tersebut.

"Kemungkinan adanya tsunami ini memang menjadi hal menarik dengan banyaknya penelitian dan penelitian kali ini bisa jadi menjadi tanda dimulainya perubahan terhadap hipotesis akan adanya lautan di Mars," ujarnya.

 

berita menarik lainnya: NASA Deteksi Atom Oksigen di Atas Atmosfer Mars

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA