Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Ini Kekhawatiran Stephen Hawking Soal Kemajuan Ilmu Pengetahuan

Kamis 21 Jan 2016 00:43 WIB

Rep: c38/ Red: Dwi Murdaningsih

Stephen Hawking

Stephen Hawking

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ilmu pengatahuan selain membawa manfaat juga rupanya membawa dampak buruk. Bahkan, ilmuawan terkemuka, Stephen Hawking  memperingatkan berbagai risiko yang mungkin bisa terjadi akibat kemajuan ilmu pengetahuan manusia. Menurut dia, bencana kemanusiaan yang menimpa planet bumi sudah hampir pasti.

Berbicara dalam kuliah umum baru-baru ini, Hawking mengatakan prospek bencana planet bumi hampir tak terelakkan. Ancaman itu tak lain disebabkan lantaran perbuatan manusia.

Bocah 11 Tahun Miliki IQ Lebih Tinggi Dibanding Stephen Hawking

"Kita menghadapi sejumlah ancaman perang nuklir, pemanasan global, dan rekayasa genetika virus," kata Hawking kepada Radio Times.

Menurut dia, meski potensi bencana pada tahun-tahun mendatang masih cukup rendah, potensi bencana itu terus bertambah dari waktu ke waktu. Bencana itu dapat menjadi kenyataan dalam waktu seribu atau sepuluh ribu tahun ke depan.

Hawking menambahkan bahwa dalam jangka pendek, kemanusiaan harus mampu keluar dari lubang ini. Pada saat itu, manusia harus menyebar ke ruang angkasa dan bintang-bintang sehingga bencana di bumi tidak menjadi akhir umat manusia.

Namun, dia juga belum yakin manusia akan dapat mendirikan koloni mandiri di ruang angkasa dalam waktu dekat, setidaknya hingga seratus tahun mendatang. Umat manusia harus sangat berhati-hati selama periode ini.

Ultah ke-79, Ini Nasihat Stephen Hawking Bagi Anda yang Sedang Putus Asa

Manusia tidak akan berhenti membuat kemajuan, atau mengembalikannya. Namun, dia yakin manusia juga bisa berperan dalam mengendalikan bahaya itu. Ia optimistis manusia dapat melakukannya.

Selama beberapa dekade terakhir, Hawking sering bersikap kritis tentang arah perkembangan senjata nuklir atau rekayasa genetika. Tahun lalu, ia bergabung dengan koalisi para ilmuwan memprotes pembangunan persenjataan yang dikendalikan sepenuhnya oleh kecerdasan buatan. Menurut Hawking, keterlibatan politik sangat krusial dan merupakan tanggung jawab setiap orang untuk mengarahkan kemajuan yang dibuat umat manusia.

"Ilmu dan teknologi mengubah dunia kita secara dramatis. Jadi, penting untuk memastikan bahwa perubahan ini menuju ke arah yang benar," kata Hawking.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA