Jumat, 7 Zulqaidah 1439 / 20 Juli 2018

Jumat, 7 Zulqaidah 1439 / 20 Juli 2018

Tak Lama Lagi, Komet 'Paling Indah' Bakal Lintasi Bumi

Selasa 29 Desember 2015 11:35 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Komet (ilustrasi)

Komet (ilustrasi)

Foto: NASA/Komet C/2007 Q3

REPUBLIKA.CO.ID, Selama beberapa pekan ke depan salah satu komet terindah yang pernah ditemukan akan melintasi bumi. Komet Catalina, akan melewati bumi. Ini adalah kali pertama 'kunjungan' komet Catalina melewati sistem tata surya.

Mungkin Anda berharap komet ini akan melintas pada malam tahun baru. Sayangnya, di belahan bumi bagian utara baru bisa menyaksikan komet ini pada 17 Januari 2016 mendatang. Comet Catalina cukup terang.

Jika langit cukup gelap, Anda mungkin bisa melihat degan mata telanjang. Namun, ada baiknya Anda mulai menyiapkan teropong atau teleskop kecil. Waktu terbaik untuk menyaksikan komet ini adalah pada malah 17 Januari.

Dilansir dari laman Science Alert, komet Catalina akan berjarak 100 juta kilometer dari bumi. Kedengarannya seperti jauh, namun ini adalah ukuran yang dekat jika yang melintas itu adalah sebuah komet.

Sayangnya, bagi yang tinggal di belahan bumi bagian selatan, mungkin Anda tidak akan mendapatkan kesempatan untuk melihat komet nan cantik ini. Astronomer Phil Plait mengatakan yang membuat komet ini spesial adalah komet Catalina terlihat seperti memiliki dua ekor yang menunjuk ke arah yang berbeda.

Ekor pertama terbuat dari gas, dan ekor lainnya terbuat dari debu. Jika Anda beruntung memotret komet ini, Anda akan semihat seolah ada dua ekor, satu di depan dan satu lagi di bekalang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA