Tuesday, 4 Rabiul Akhir 1440 / 11 December 2018

Tuesday, 4 Rabiul Akhir 1440 / 11 December 2018

Postingan Medsos Bisa Jadi Tanda Depresi

Selasa 20 Nov 2018 08:39 WIB

Red: Esthi Maharani

Media sosial

Media sosial

Foto: ist
ada hubungan antara media sosial (medsos) dengan masalah kesehatan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti di Texas State University menganalisis perilaku 500 mahasiswa pengguna Facebook, Twitter, Instagram, dan Snapchat. Mereka percaya ada hubungan antara media sosial (medsos) dengan masalah kesehatan mental.

Berbagai platform medsos bisa memperburuk depresi dan menimbulkan gelisah. Studi ini menemukan cara dan kebiasaan orang menggunakan medsos bisa memberi tanda mereka terkena depresi. Berikut tanda-tandanya, dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (20/11).

Pertama, mereka menggunakan medsos untuk membandingkan diri dengan orang lain yang lebih baik. Kedua, mereka teratur mengunggah foto atau status medsos, bahkan intensitasnya terlalu banyak.

Ketiga, mereka merasa terganggu jika ditandai foto mereka dalam pose yang kurang menarik. Itulah mengapa mereka jarang mengunggah foto diri bersama orang lain. Keempat, mereka lebih banyak memosting foto sendiri dan cenderung mengisolasi diri dari orang lain.

Studi yang belum dipublikasikan resmi ini bersumber dari Pertemuan Tahunan Asosiasi Ilmu Psikologi di San Francisco Amerika. Penulis studi juga mahasiswa di Texas State University, Anthony Robinson.

"Kami ingin orang-orang lebih memperhatikan perilakunya di medsos. Mungkin saja mereka mengalami gejala depresi," tulis Robinson.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES