Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Simbol Nazi Akan Dipakai Pada Video Game

Sabtu 11 Agustus 2018 02:50 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Esthi Maharani

Bermain video game.

Bermain video game.

Foto: Reuters
Penggunaan simbol Nazi diharapkan bisa merepresentasikan fakta sejarah.

REPUBLIKA.CO.ID, JERMAN -- Sebuah perusahaan Vidio Game akan menampakan simbol Nazi dalam serial permainannya. Simbol Nazi yang sekian lama dilarang digunakan oleh pemerintah Jerman, kini mulai dipertimbangkan untuk digunakan. Alasan penggunaan simbol simbol ini, diharapkan bisa merepresentasikan fakta sejarah.

Hanya saja, keputusan terhadap kebijakan ini belum final. Sebab, pihak pemerintah Jerman tetap ingin simbol ini tidak diartikan sebagai ajakan untuk menghidupkan kembali sosok Hitler atau menyuburkan simbol Nazi. Jerman ingin, bagian sejarah yang ada tidak menjadi bumerang bagi negaranya.

Direktur Pelaksana German Entertainment Software Self-Regulation Body (USK), Elisabeth Secker menjelaskan simbol simbol ini boleh saja digunakan asalkan dengan tujuan artistik dan ilmiah.

"Jika tujuannya demikian dan untuk menggambarkan peristiwa dan sejarah hal ini dimungkinkan. Hanya saja pembahasan dan seleksi akan lebih ketat," ujar Elisabeth seperti dikutip dari The Independent, Sabtu (11/8).

Ia mengatakan pemerintah Jerman akan melakukan prosedur pemeriksaan yang ketat atas semua serial permainan di Jerman. "Jika penggunaan simbol ini disalahgunakan dan mendukung organisasi inkonstitusional maka akan tetap diterapkan hukuman," ujar Elisabeth.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA