Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Berita Rowan Atkinson Meninggal Hoax dan Jebakan

Kamis 19 July 2018 16:59 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Rowan Atkinson

Rowan Atkinson

Foto: EPA
Berita hoaks tersebut diiringi link yang berujung pada jebakan penipu dunia maya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berita meninggalnya pemeran Mr Bean, Rowan Atkinson sedang ramai jadi pembicaraan netizen. Selain karena hoax, berita ini juga ternyata jebakan yang bermotif penipuan.

Di dalam berita yang beredar tersebut sang aktor diberitakan meninggal akibat kecelakaan mobil di Los Angeles. Judul berita yang beredar tertulis dari Fox News. Akan tetapi, ketika tautan dibuka maka tidak akan diarahkan ke laman berita tersebut.

Situs pembongkar mitos, Hoax Slayer dilansir DevonLive menuliskan tautan yang beredar akan mengarahkan pengguna ke laman kemanan palsu. Laman tersebut akan mengatakan bahwa komputer telah terkunci dan mencantumkan nomor telepon untuk bantuan. Hoax Slayer mengimbau untuk tidak menghubungi nomor tersebut.

"Anda akan diarahkan untuk menelepon nomor tertentu dan dibantu terkait masalah keamanan. Namun, bila Anda melakukannya si penipu akan berusaha mengarahkan untuk memberikan detail kartu kredit dan membayar atas kerusakan komputer Anda," tulis Hoax Slayer.

Kabar hoaks soal kematian Rowan sempat beberapa kali wara-wiri di dunia maya. Berita kematian Rowan paling besar adalah pada tahun 2012. Pada saat itu, Rowan juga diklaim meninggal dari kecelakaan mobil. Selanjutnya, berita hoaks meninggalnya Rowan kembali muncul pada 2016.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA