Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Ini Asal Mula Lahirnya Istilah Meme dan Blog

Sabtu 31 March 2018 11:15 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Israr Itah

Blogger

Blogger

Foto: Agung Supriyanto/Republika
Banyak istilah yang berhubungan dengan teknologi digunakan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu hal unik mengenai bahasa adalah bagaimana sebuah kata atau frasa bisa sering digunakan namun tidak ada satu pun di antara kita yang menyadari asal usul kata tersebut. Kini di era digital, semakin banyak istilah yang berhubungan dengan teknologi digunakan masyarakat di berbagai lapisan.

Kita pasti tak asing lagi dengan istilah meme, blog, atau internet of things yang kerap berseliweran di berbagai pemberitaan. Namun pernahkah kita bertanya-tanya bagaimana istilah-istilah tersebut bisa tercipta hingga akhirnya menjadi populer? Dikutip dari laman Entrepeneur berikut kisah mengenai asal usul beberapa istilah teknologi yang populer:

1. Bug

Bila anda mengenal istilah bug sebagai problem teknis komputer, anda harus berterima kasih kepada Thomas Alfa Edison dan tentara angkatan laut AS Laksamana Grace Hopper. Edison menggunakan istilah ini dalam korespondensi saat merancang telepon pada 1878. Sedangkan Hopper adalah penemu komputer elektronik pada era 1940-an. Hopper diyakini sebagai orang yang mempopulerkan istilah bug ketika ia menemukan ngengat (bug) terjebak di dalam purwarupa (prototype) komputernya.

2. Crowdsourcing

Jika anda adalah pengguna TripAdvisor atau Yelp untuk mencari penginapan atau restoran, itu artinya anda sedang menikmati hasil dari crowdsourcing. Istilah crowdsourcing pertama kali lahir pada 2006 dalam sebuah artikel di Wired yang ditulis oleh Jeff Howe. Crowdsourcing adalah istilah untuk mendeskripsikan proses mendapatkan pekerjaan atau pendanaan dari sekelompok besar orang dalam ranah daring.

3. Blog

Pada 1997 seorang penulis bernama Jorn Barger menciptakan situs di mana ia membagikan tautan kepada pembaca. Situs tersebut ia beri nama Robot Wisdom WebLog. WebLog merupakan singkatan dari logging the web. Memasuki 1999, Peter Merholz yang merupakan seorang programmer meringkas istilah yang digunakan oleh Barger menjadi blog saja. Sejak saat itulah istilah blog makin populer digunakan.

4. Meme

Hampir setiap hari kita melihat meme di berbagai platform media sosial. Padahal sejatinya istilah meme tidak lahir dari ranah teknologi. Meme adalah istilah yang berkorelasi dengan sains. Adalah Richard Dawkins, seorang ahli biologi asal Inggris di Universitas Oxford, yang mengenalkan istilah tersebut. Ia memperkenalkan istilah meme dalam bukunya The Selfish Gene yang diterbitkan pada 1976. Ia menggunakan kata meme untuk mendeskripsikan bagaimana tren dan praktik masyarakat terjadi dan makin populer.

5. Internet of Things

Frasa ini ditujukan untuk mendeskripsikan bagaimana peralatan sehari-hari terhubung dalam sistem internet. Sebagai contoh, pada desain rumah pintar (smart home), kulkas akan memberi tahu kapan saatnya si pemilik rumah harus berbelanja lagi karena persediaan makanan akan habis. Kevin Ashton, ilmuwan dan penulis asal Inggris, mengenalkan istilah ini pada 1999. Kala itu ia sedang bekerja untuk Proctor & Gambler mendesain sistem rantai pasok. Ashton juga dikenang sebagai pendiri Auto-ID Lab di Massachusets Institute of Technology (MIT). 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA