Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Jadi Komposer Musik Kilat dengan Google Song Maker

Jumat 02 March 2018 17:17 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari

Google

Google

Foto: EPA
Pengguna bisa memilih instrumen apa yang akan dimainkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang suka musik tapi tidak semuanya bisa memainkan alat musik apalagi mengaransemen lagu. Jika Anda adalah salah satu di antaranya, mungkin bantuan dari Chrome Music Lab besutan Google bisa lebih banyak menyalurkan kesukaan anda pada musik.

Chrome Music Lab adalah situs yang mendefinisikan dirinya sebagai 'situs yang menjadikan belajar musik lebih terjangkau dan menyenangkan lewat eksperimen-eksperimen'. Dilansir dari Techspot, layanan terbaru dari Chrome Music Lab adalah Song Maker. Sesuai namanya, Song Maker memungkinkan siapapun menyusun nada dengan mudah dan cepat lewat gawai atau PC hingga menjadi sebuah lagu.

Untuk mencoba fitur Song Maker, Anda cukup mengunjungi situs https://musiclab.chromeexperiments.com/Song-Maker/ dan mulailah menyusun nada sesuka hati Anda. Uniknya, nada-nada di Song Maker tidak disimbolkan dengan not balok tetapi disimbolkan dengan aneka warna mencolok.

Pengguna bisa memilih instrumen musik apa yang akan dipakai untuk menciptakan lagu. Pilihan alat musik tersedia pada bagian bawah situs. Dalam menyusun nada, pengguna tidak dapat memilih satu instrumen saja karena suara yang dihasilkan akan muncul dari dua jenis alat musik yang berbeda.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur sinkronisasi suara serta tempo lagu dan tinggi rendahnya nada pada karya yang sedang ia kerjakan. Jika itu belum cukup, Google bahkan menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna menambahkan suaranya pada musik di Song Maker.

Bila satu lagu sudah selesai dikerjakan, pilih opsi 'Save' untuk menyimpan karya anda dan Google akan menyediakan tautan yang dapat disebarluaskan. Sayangnya, Song Maker nampaknya tidak ditujukan untuk keperluan musisi profesional karena layanan tersebut tidak menyediakan penyimpanan dalam bentuk file musik yang bisa diunduh langsung.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA