Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Kamis, 7 Syawwal 1439 / 21 Juni 2018

Google Hilangkan Pilihan 'Lihat Gambar' Saat Pencarian

Senin 19 Februari 2018 10:50 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

Google

Google

Perubahan tersebut berasal dari keluhan yang diajukan terhadap Google ke Uni Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencarian gambar di Google memiliki tombol 'Lihat Gambar' yang membuka gambar di tab baru, dan mengizinkan pengguna mendownload gambar tanpa harus mengunjungi situs yang menginstalnya. Itu tidak lagi bisa dilakukan karena sebagai bagian dari penyelesaian baru-baru ini dengan Getty Images, Google telah menghapus tombol Lihat Gambar dari pencarian gambar.

"Ini telah dilakukan untuk menyeimbangkan antara melayani kebutuhan pengguna dan masalah penerbit, baik pemangku kepentingan yang kami hargai," sebut Google dilansir dari laman Ubergizmo, Senin (19/2).

 

Baca juga: Google Luncurkan Tiga Aplikasi Fotografi Sekaligus

Perubahan tersebut berasal dari keluhan yang diajukan terhadap Google ke Uni Eropa oleh Getty Images pada 2016 di mana yang terakhir mengklaim bahwa fungsi pencarian gambar Google mempromosikan pembajakan, karena memberi orang akses mudah ke foto beresolusi tinggi, dan menghilangkan kebutuhan untuk melihatnya di situs sumber asli.

Google dan Getty Images mencapai kesepakatan awal bulan ini dengan Google sekarang mendapatkan lisensi multi-tahun untuk menggunakan foto Getty dalam produknya. Selain itu juga telah sepakat untuk melakukan beberapa perubahan pada pencarian gambarnya, dan ini adalah hasil dari kesepakatan tersebut.

Perusahaan telah melakukan konfirmasi dalam tweet bahwa mereka telah menghapus tombol Lihat Gambar. Tombol Kunjungan tetap yang berarti bahwa, pengguna sekarang harus mengunjungi situs web tempat gambar, dan menemukannya di laman web sebelum mereka dapat mengunduhnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA