Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Google Atur Hak Cipta di Google Image

Sabtu 10 February 2018 17:15 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gita Amanda

Google

Google

Foto: EPA
Google akan lebih memperhatikan hak cipta dari foto yang pengguna temukan di Google.

REPUBLIKA.CO.ID, Google telah mencapai kesepakatan akhir mengenai komplain Getty Images European tentang hak cipta foto. Di mana perjanjian baru antara keduanya setuju agar Google membuat lisensi "multi-year" untuk foto milik getty dalam produknya.

Hal ini untuk mengatur hak cipta dalam pencarian gambar. Google akan lebih memperhatikan hak cipta dari foto yang pengguna temukan di Google. Dari sana, pengguna akan mengetahui apakah perlu membayar untuk foto tersebut atau tidak untuk gambar yang ditemukan.

Di sisi lain, Google akan menghapuskan menu "view image" untuk link pada gambar. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi jumlah pengunduhan langsung.

Seperti dilansir dari laman Engadget, Getty Images secara tidak langsung menuduh Google sebagai toko bajakan. Pengguna dapat dengan mudahnya menggunduh dan melihat foto dengan hak cipta tanpa perlu berkunjung ke link sumber foto tersebut.

Google telah memiliki opsi panjang untuk menyaring foto berdasarkan hak lisensi. Hal itu akan membantu jika pengguna ingin meminta izin pemilik gambar yang pengguna temukan.

Namun tampaknya perubahan ini sepertinya tidak akan menghentikan siapapun yang ingin mengambil semua gambar yang di inginkan. Tapi cara ini mampu mencegah siapapun yang terbiasa mengunduh gambar dengan cara biasa.

Biaya dari perjanjian ini tidak diketahui. Ini bukan perjanjian pertama yang Google buat. Sebelumnya Google telah memiliki permasalahan yang berkaitan dengan Eropa. Termasuk mengenai hal pembelian barang, denda bermonopoli, dan sengketa pajak.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES