Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Ratusan Akun Media Sosial Dinonaktifkan

Selasa 06 February 2018 11:41 WIB

Red: Esthi Maharani

Media sosial

Media sosial

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Paling banyak akun Facebook yang dinonaktifkan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAMBI -- Petugas siber Polresta Jambi telah menonaktifkan ratusan akun di media sosial (medsos) yang isinya mengarah ujaran kebencian. Kasat Reskrim Polresta Jambi Komisaris Polisi Yuda Lesmana mengatakan, seluruh akun di medsos selalu dipantau oleh tim cyber agar tidak ada ujaran kebencian di medsos yang viral.

Sejak Januari 2018 hingga kini pihaknya telah menonaktifkan ratusan akun di sejumlah medsos, seperti akun di Facebook, Instagram dan Twitter dan dari berbagai medsos tersebut, paling banyak akun di Facebook yang dinonaktifkan tim siber Polresta Jambi.

"Tim cyber Polresta Jambi ada enam orang dan mereka bertugas memantau seluruh media sosial dan bila ada akun yang menyebarkan ujaran kebencian yang sebelum menjadi viral, akan dinonaktifkan akunnya," kata Yuda, Selasa (6/2).

Kemudian, anggota siber Polresta Jambi tidak hanya bertugas cuma fokus memantau media sosial tetapi berbagai informasi lainnya yang ada di medsos akan dipantau.

Terkait dengan adanya Pilkada serentak 2018, tim siber Polresta juga juga melakukan pemantauan akun-akun yang berkaitan dengan hal itu. Polresta Jambi, meminta kepada para pengguna medsos, untuk bijak dalam menggunakannya dan untuk itulah tim siber akan mengawasi medsos selama 24 jam.

"Jadi, bijaklah bila ingin menggunakan media sosial dan jangan sampai gara-gara unggahan atau status yang dibuat mengarah kepada ujaran kebencian," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA