Wednesday, 11 Zulhijjah 1439 / 22 August 2018

Wednesday, 11 Zulhijjah 1439 / 22 August 2018

Enam Hal Tersembunyi di Facebook Messenger

Ahad 17 December 2017 08:57 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

facebook messenger

facebook messenger

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 1,3 miliar orang menggunakan Facebook Messenger setiap bulannya. Tapi apakah mereka benar-benar memanfaatkannya?

Sejak Messenger menjadi aplikasi tersendiri, Facebook menambahkan fungsionalitas untuk membuatnya lebih menonjol. Aplikasi ini memiliki banyak fitur tersembunyi, mulai dari game yang adiktif dan cara mengirimkan uang.

 

Inilah beberapa hal yang tidak Anda ketahui, namun ternyata bisa dilakukan dengan Facebook Messenger, dilansir dari laman Mashable.

 

Gunakan Messenger di komputer

Jika Anda ingin memberi tahu teman Anda di komputer, tanpa gangguan Feed Berita, cobalah menarik Messenger langsung ke komputer. Cukup masuk ke Messenger.com dan masuk dengan akun Facebook. Anda juga dapat mengakses percakapan langsung dengan membuka Messenger.com/ dan menambahkan username Facebook teman Anda di akhir.

 

Messenger desktop terlihat seperti halaman Messenger yang bisa diakses dari Facebook, namun tidak memiliki bar pencarian Facebook di bagian atas layar.

 

Kirim dan minta uang

Facebook telah mengizinkan pengguna untuk mengirim dan menerima uang selama beberapa tahun terakhir. Sama seperti Venmo, Messenger memungkinkan Anda menghubungkan kartu kredit ke aplikasi, dan mengirim uang ke teman, dan meminta uang dari mereka juga.

 

Untuk menggunakannya, tautkan kartu debit dengan membuka Profil> Pembayaran> Tambahkan Kartu Debit Baru. Untuk mengirim dan meminta, masukkan obrolan dengan teman tekan tanda tambah di pojok kiri bawah, pilih Pembayaran, dan masukkan jumlah yang diperlukan.

 

Tambahkan teman langsung dengan kode profil

Jika Anda pernah bertemu seseorang dan ingin melakukan komunikasi lebih lanjut, Anda dapat memindai kode profil unik. Untuk menariknya, ketuk ikon profil di pojok kiri atas aplikasi, lalu ketuk foto profil besar di tengah layar. Tekan My Code untuk menampilkan kode Anda sendiri, dan Scan Code untuk memindai yang lain.

 

Mainkan game

Facebook memiliki jajaran permainan yang sangat adiktif dari favorit pengguna Words with Friends, dan 2048 untuk klasik seperti Pacman dan Ular, yang semuanya dapat dimainkan tepat di Messenger.

 

Untuk menantang teman atau kelompok teman, mulailah percakapan, tekan tanda plus, lalu pilih Permainan. Jika Anda seorang penyendiri, atau Anda ingin berlatih, mulailah percakapan dengan diri Anda untuk bermain gim sendirian.

 

Ngobrol dengan bot

Jika Anda sudah cukup berinteraksi dengan manusia, jangan pernah takut, tentara Messenger dari bot akan menemanimu. Mereka akan mengirimkan berita kepada Anda, membantu Anda memesan, bermain game, dan banyak lagi. Ketuk Discover di pojok kanan bawah, dan mulailah percakapan dengan bot yang sesuai dengan keinginan Anda.

 

Percakapan Rahasia

Anda bisa memulai percakapan terenkripsi di Messenger Facebook yang tak seorang pun di luar mereka dapat melihat, bahkan pemerintah atau Facebook sendiri. Mereka menggunakan enkripsi end-to-end yang mirip dengan Facebook Whatsapp.

 

Mulai percakapan, ketuk Rahasia di pojok kanan atas, lalu pilih teman yang ingin Anda kirimi pesan. Agar pesan Anda hilang setelah jangka waktu tertentu, ketuk ikon jam di sebelah kiri kotak teks.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA