Jumat, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 Februari 2019

Jumat, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 Februari 2019

Komunikasi Tatap Muka Lebih Efektif Dibandingkan dengan Email

Jumat 28 Okt 2016 07:04 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri

Pria dan wanita sedang berkomunikasi tatap muka.

Pria dan wanita sedang berkomunikasi tatap muka.

Foto: Huffpost

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era teknologi ini, berkomunikasi menggunakan pesan elektronik sudah biasa dilakukan terutama oleh anak-anak muda. Kebanyakan mreka mengabaikan cara-cara konvensional seperti bertemu langsung meskipun hanya ingin meminta sesuatu.

Sebuah studi baru menemukan bahwa berkomunikasi langsung secara tatap muka akan lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan surat elektronik atau email. Para peneliti mengatakan anak-anak yang tergoda oleh kemudahan email bisa saja kesulitan ketika hendak mencari pekerjaan atau meminta kenaikan gaji kepada atasan.

Mengirim email mungkin memang jauh lebih mudah, tetapi kemungkinannya cukup besar untuk mendapatkan hasil atau jawaban yang mengecewakan. Hasil studi menyebutkan tingkat keberhasilan dari komunikasi langsung secara tatap muka mencapai 72 persen. Sedangkan, komunikasi menggunakan email hanya mencapai angka keberhasilan 0,21 persen.

Menurut penelitian, seseorang akan lebih sungkan atau tidak tega untuk menolak permintaan yang di komunikasikan secara langsung tatap muka dibandingkan melalui email. Bisa dikatakan, ekspresi wajah secara langsung saat berbicara dapat mempengaruhi cara berpikir seseorang.

Penelitian ini mendukung temuan-temuan yang dilakukan oleh para peneliti dari Prancis dan Finlandia yang sudah diterbitkan bulan lalu. Para peneliti menemukan bahwa kontak mata secara langsung dapat membantu seseorang mengakses informasi baru.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES