Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Microsoft Hadirkan Survei Harapan Penduduk Jakarta

Ahad 24 Juli 2016 10:03 WIB

Rep: MGROL73/ Red: Winda Destiana Putri

Microsoft

Microsoft

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah arus gelombang urbanisasi yang tinggi, mendorong pemerintah kota untuk mampu memberikan informasi terkait pelayanan publik dan kota sebagai sebuah cara yang signifikan dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakatnya.

Dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id Sabtu (23/7) sebuah survei yang dilakukan Microsoft mengklaim, transportasi dan ketertiban umum merupakan standar prioritas masyakarat untuk berubah dan bekerja maksimal agar mampu mencapai tingkatan yang lebih baik.

Hal tersebut mencuat setelah Microsoft CityNext mengungkapkan hasil riset yang dilakukan Microsoft CityNext Asia Pacific Suvery: Your City, Your Future, yang mengatakan harapan penduduk kota Jakarta dalam sepuluh tahun kedepan akan lebih baik di tengah gelombang tinggi urbanisasi yang melanda Ibukota, setelah meneliti respon lebih dari 200 warga Jakarta, sebagaimana siaran pers yang dilakukan Microsoft Indonesia di Jakarta belum lama ini.

Berdasarkan hasil survei yang diteliti Microsoft, mayoritas penduduk Jakarta optimis kehidupan mereka akan lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Besaran angka 67 persen, berdasarkan survei, menjadikan penduduk Jakarta menjadi kota nomor dua setelah Mumbai, sebagai penduduk paling optimistis terhadap perubahan kehidupan yang akan datang.

Responden mengungkapkan harapannya kepada pemerintah untuk menyelesaikan perbaikan dalam berbagai sendi-sendi kehidupan perkotaan.

Menurut mereka, masalah infrastruktur transportasi merupakan faktor yang paling membutuhkan uluran perbaikan (82 persen), diikuti keamanan dan ketertiban umum (78 persen), lowongan pekerjaan (77 persen), dan pendidikan (74 persen).

Survei yang dilakukan di Jakarta merupakan salah satu bagian survei yang dilakukan Microsoft secara regional se-Asia Pasifik. Kota lain yang menjadi fokus survei antara lain, Bangkok, Beijing, Shanghai, Delhi, Mumbai, Manila, Seoul, Singapura, Sydney, Tokyo, Osaka, dan Taipei.

Berdasarkan survei, warga Jakarta lebih kagum dan memilih untuk tinggal di Singapura yang terkenal dengan kebersihan dan ketertibannya, Tokyo yang populer dikalangan anak muda sebagai kota yang menyenangkan, Sydney dan Melbourne sebagai kota yang aman karena responden mafhum akan citra pemerintah Sydney yang stabil serta sistem transportasi Melbourne yang terjamin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA