Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Google Rilis Kabel Internet Besar Bawah Laut

Kamis 07 Juli 2016 02:42 WIB

Rep: MGROL73/ Red: Winda Destiana Putri

Google

Google

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabel internet dengan kapasitas tertinggi di dunia yang menjulur dari Amerika Serikat ke Jepang, 5.600 mil, telah diaktifkan Google.

Kabel fiber yang dapat menampung data sebesar 60 juta Mbps atau 60 terabit per seken tersebut diharapkan dapat menambahkan kecepatan internet trans-pasifik secara signifikan.

Google merupakan salah satu dari enam perusahaan di balik proyek tersebut, di samping perusahaan grup telecoms. Urs Holzle, Google mengatakan, kabel internet ini memiliki kapasitas yang lebih tinggi dari kabel internet bawah laut yang lainnya.

Hampir semua lalu lintas internet internasional ditampung melalui kabel bawah laut, namun pada akhir-akhir ini lalu lintas internet lebih banyak melalui satelit. Hal tersebut yang menjadi tuntutan penambahan lalu lintas kabel internet untuk menumbuhkan kecepatan internet internasional.

Sistem kabel Faster itu akan menghubungkan ke beberapa pusat yang berada di San Fransisco, Los Angeles, Portland, dan Seattle serta dua titik di Jepang tersebut bernilai 300 juta USD.

"Faster hanyalah salah satu dari bagian kecil kabel internet bawah laut yang menghubungkan beberapa bagian di dunia, yang secara bersama membentuk sebuah kekuatan penting yang membantu internet berjalan," ujar Holzle.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA