Wednesday, 17 Zulqaidah 1441 / 08 July 2020

Wednesday, 17 Zulqaidah 1441 / 08 July 2020

Ini Tips Mengelola Media Sosial di Perusahaan Besar

Selasa 29 Jul 2014 11:40 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko

Sosial Media

Sosial Media

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- ROLers, apakah Anda mengelola media sosial untuk sebuah perusahaan besar? Mempertahankan kehadiran media sosial yang sangat kompleks sangat penting. Nah, kali ini kitaakan berbagi lima elemen kunci untuk mengelola media sosial di seluruh perusahaan, dilansir dari Social Media Examiner, Selasa (29/7).

1. Konsisten

Mengelola media sosial di perusahaan besar atau organisasi kompleks itu tidak mudah. Ada beberapa departemen dan divisi, beberapa pemimpin, beberapa kebijakan yang semuanya bisa menyebabkan Anda bingung dan frustasi. Ketika tidak ada perencanaan yang kohesif, seperti ada akun ganda, postingan berlebihan, akhirnya akan membuat khalayak bingung. Pengelola media sosial bisa jadi di tangan beberapa orang, namun orang-orang tersebut harus konsisten satu suara.

2. Pilihlah tim solid

Memilih tim media sosial haruslah terdiri dari orang-orang yang solid. Ini penting karena tim adalah komponen pentng dari keberhasilan media sosial. Tim bertanggung jawab mengawasi seluruh lingkup media sosial dan mengorganisir tim. Pilihlah pemimpin tim yang tegas karena dialah yang akan menetapkan kebijakan.

3. Identifikasi

Langkah pertama yang tim Anda perlu lakukan adalah identifikasi seluruh akun jejaring sosial milik orang-orang penting di perusahaan Anda, misalnya kepala departemen, hingga presiden direktur. Ini penting karena apapun celotehan mereka di akun pribadi mereka akan berpengaruh pada postingan Anda di media sosial perusahaan. Jelajahilah website dan temukan berbagai profil halaman.

4. Mendidik tim

Anda dan tim Anda tidak hanya cukup berkomunikasi lewat telepon atau media tidak langsung lainnya, sesekali adakan pertemuan tatap muka dengan tim Anda. Pertemuan tatap muka bukan berarti harus resmi di dalam suatu ruangan, tapi juga bisa virtual, misalnya lewat Skype, Google Meeting, dan lainnya.

Tak ada salahnya Anda mengundang nara sumber bergantian untuk memberitahukan eksistensi Anda dan tim. Misalnya, dalam pertemuan Anda mengundang manajer distrik untuk membicarakan perkembangan bisnis perusahaan. Infonya bisa Anda posting ke media sosial perusahaan.

5. Raih dukungan perusahaan

Beritahu seluruh elemen perusahaan bahwa ada tim media sosial yang siap hadir membantu mereka. Biarkan mereka tahu tentang tujuan dan sasaran tim Anda dan mendorong mereka untuk bepartisipasi berbagi postingan, atau sekadar mengomentari update berita.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA