Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Gaji Pendiri Google Masih 1 Dolar AS Per Tahun

Ahad 30 Mar 2014 22:40 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pendiri Goole, Larry Page dan Sergey Brin.

Pendiri Goole, Larry Page dan Sergey Brin.

Foto: succeshiva

REPUBLIKA.CO.ID, -- Google membayar pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin, dengan gaji tetap masing-masing senilai 1 dolar Amerika Serikat saja tahun lalu, sementara pemimpin Google Eric Schmidt menerima kompensasi lebih dari dua kali lipat menjadi US$ 19.3 juta.

Bagian terbesar kenaikan gaji Schmidt datang dari hibah saham bernilai US$ 11,4 juta. Google memberikan hibah saham untuk mengkompensasi kesalahan administrasi yang dilakukan saat menangani administrasi imbalan yang diterima Schmidt pada Februari 2011, sesuai catatan dokumen yang diajukan ke otoritas keuangan Jumat (28/3).

Andaikata tidak terjadi kesalahan, paket gaji Schmidt tahun lalu seharusnya naik 4 persen dari US$ 7,6 juta yang ia peroleh pada 2012.

Page, Brin, dan petinggi lainnya berkeras untuk membatasi gaji mereka sebesar US$ 1 per tahun sejak Google menjadi perusahaan publik satu dasawarsa lalu. Ini merupakan ungkapan simbolis yang banyak dilakukan eksekutif Silicon Valley lainnya, setelah meraih kekayaan besar melalui pemilikan saham di perusahaan masing-masing.

Page, 41, dan Brin, 40, masing-masing memiliki saham Google yang sekarang bernilai sekitar US$ 26 miliar.

Schmidt, 58, sudah mengumpulkan kekayaan berkisar US$ 9 miliar menurut Majalah Forbes. Ia juga membatasi gajinya sebesar US$1 per tahun  ketika menjabat sebagai CEO.

Skala pembayaran berubah drastis sejak Schmidt menyerahkan jabatan CEO kepada Page tiga tahun yang lalu. Pada 2011, Schmidt menerima kompensasi senilai US$101 juta, yang sebagian besar berupa saham terbatas yang dirancang khusus agar ia tetap bekerja untuk Google. Bulan lalu, Google mengumumkan bahwa  Schmidt kembali menerima imbalan saham senilai US$ 100 juta tahun ini.

Sebagai pimpinan Google, Schmidt terutama menangani masalah regulasi, hubungan dengan pemerintah dan pembelian bisnis-bisnis lain.

Perusahaan berpendapat bahwa Schmidt melakukan pekerjaannya dengan sangat baik tahun lalu sehingga ia menerima bonus uang tunai US$ 6 juta guna melengkapi gajinya sebesar US$ 1,25 juta.

Tidak ada eksekutif Google lainnya yang tercatat dalam daftar proxy dan diajukan kepada otoritas, memenuhi persyaratan bonus maksimum tahun lalu.

Google dan pemegang sahamnya bernasib baik tahun lalu. Pendapatan perusahaan melonjak 20 persen dari tahun lalu menjadi $ 12.9 miliar dan harga sahamnya naik 58 persen. Indeks Standard & Poor's 500 naik 30 persen tahun lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA