Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Lindungi Anak, Orangtua Harus Melek Internet

Rabu 23 May 2012 23:08 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Anak dan internet/ilustrasi

Anak dan internet/ilustrasi

Foto: ehow.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu faktor penyelewengan internet yang dilakukan anak-anak karena orangtua tidak melek internet. General Manager Virtual Academy, Andi Primaretha mengatakan, kunci keamanan berinternet sehat bagi anak adalah orangtuanya harus melek internet.

"Anak-anak zaman sekarang merupakan 'gen Z' (lahir setelah 1995), mereka sangat pintar dan sangat melek media elektronik, terutama internet," ujar Andi kepada Antaranews, usai menjadi pembicara pada seminar anak di Jakarta, Rabu (23/5).

Sebaliknya, kata Andi menjelaskan, para orang tua yang kebanyakan berasal dari 'gen X' atau yang lahir lebih awal tampaknya masih sedikit konservatif dan belum melek internet. "Hal inilah yang membuat kebanyakan orang tua cemas bila anak mereka terlalu lama bergelut dengan internet, karena ketakutan dengan pornografi dan cyber bullying, karena mereka tidak tahu cara mengawasinya," ujar Andi.

Andi berpendapat, orang tua yang melek media justru dengan mudah dapat mengawasi, bahkan melindungi anak-anaknya melalui media internet. Sehingga, tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika anak-anak bermain internet.

Orangtua, menurut Andi, sebaiknya tidak melarang anak untuk menggunakan internet. Namun, sebaliknya para orang tua yang seharusnya mampu mengimbangi 'kecanggihan' anak-anak mereka. "Bagaimana pun juga, internet itu penting dan anak-anak jelas membutuhkan internet sebagai sumber informasi yang melengkapi buku," kata Andi menandaskan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA