Tuesday, 4 Rabiul Akhir 1440 / 11 December 2018

Tuesday, 4 Rabiul Akhir 1440 / 11 December 2018

Verizon dan Samsung akan Meluncurkan Ponsel 5G Tahun Depan

Rabu 05 Dec 2018 23:43 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Verizon

Verizon

Foto: Reuters
Apabila terwujud maka manfaatnya lebih dirasakan kelompok bisnis dibanding personal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Verizon Communications Inc dan Samsung Electronics Co Ltd akan meluncurkan smartphone yang memiliki kemampuan mengakaes jaringan internet 5G pada semester pertama 2019. Hal ini membawa Verizon dan Samsung satu langkah lebih depan dari Apple Inc.

Dilaporkan Reuters, Selasa (4/12), kedua perusahaan ini akan memperkenalkan prototipe telepon seluler yang menggunakan chip modem buatan Qualcomm Inc. Adapun Oktober lalu, Veeizon telah meluncurkan layanan 5G secara komersial untuk internet rumahan di Houston, Indianapolis, Los Angeles, dan Sacramento.

Sementara, Apple saat ini masih terlibat sengketa hukum dengan Qualcomm. Hal ini membuat Apple tidak bisa menggunakan chip modem dari Qualcomm. 

Oleh karena itu, Apple akan memakai modem buatan Intel yang diperkirakan tersedia pada akhir 2019. Bloomberg melaporkan, Apple akan menunggu hingga 2020 sebelum meluncurkan iPhone berteknologi 5G.

Jaringan internet 5G disebut mampu meningkatkan kecepatan internet hingga 100 kali dibandingkan 4G. Adapun jaringan internet 5G akan lebih mengurangi jeda komunikasi menjadi nyaris nol. 

Apabila ini terwujud maka manfaatnya akan lebih dirasakan oleh kelompok bisnis ketimbang perorangan. Jaringan 5G akan memungkinkan operasional mobil tanpa supir, meningkatkan teknologi robotik, dan mendukung pembangunan smart city

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES