Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Smartwatch Fossil Bisa Lakukan Payment dan Deteksi Jantung

Rabu 08 Agustus 2018 12:41 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani

Detak jantung. Ilustrasi

Detak jantung. Ilustrasi

Foto: Google
Smartwatch Fossil sudah ditanam teknologi NFC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jam tangan pintar terbaru Fossil kini makin canggih. Dilansir melalui Engadget, smartwatch Fossil sudah ditanam teknologi NFC sehingga bisa melakukan pembayaran elektronik. Bahkan jam tangan juga bisa diandalkan untuk mendeteksi detak jantung penggunanya. Smartwatch model terbaru Fossil ini masih didukung teknologi chip Qualcomm versi lama.

Langkah Fossil menambahkan dua fitur tersebut dianggap sebagai bentuk inovasi agar tidak kalah dari para pesaingnya. Seri Fossil Q Venture HR dan Q Explorist HR juga sudah mendapatkan operating system (OS) wear terbaru. Keduanya bisa diandalkan untuk mendeteksi denyut jantung, serta terkoneksi dengan berbagai jenis latihan Google Fit.

Jam tangan mempunyai tampilan Watch Faces yang mampu menampilkan denyut per menit. Kemudian Fossil membuatnya lebih mudah diakses. Jam tangan juga bisa menghitung langkah kaki, berjalan atau berlari, mendaki, bersepeda, serta aktivitas fisik lainnya tanpa harus membawa ponsel pintar. Jam tangan juga dilengkapi GPS.

Dua model terbaru dari Fossil tersebut hanya terletak pada ukuran dan desain. Q Venture memiliki ukuran casing 40 mm dan tali 18 mm, sementara Q Explorist mempunyai casing 45 mm serta tali gelang 22 mm. NFC atau payment yang ditawarkan juga masih terbatas, yakni hanya pada Google Pay saja. Belum ada keterangan lebih lengkap mengenai pembayaran yang akan diperluas atau tidak.

Meski tergolong berinovasi, kedua jam tangan masih tak bisa diandalkan dari segi daya tahan baterai. Kedua model masih didukung chip Qualcomm Snapdragon Wear 2100. Padahal, Qualcomm sudah merilis jenis chipset yang lebih unggul. Namun para penggemar jam tangan Fossil nampaknya harus menunggu lebih lama untuk bisa menikmati chipset terbaru tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA