Senin, 11 Syawwal 1439 / 25 Juni 2018

Senin, 11 Syawwal 1439 / 25 Juni 2018

Vivo Buat Sensor Sidik Jari pada Layar Pertama di Dunia

Kamis 11 Januari 2018 12:58 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

Vivo. Ilustrasi

Vivo. Ilustrasi

Foto: Mashable

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak ponsel yang telah berpindah menggunakan layar penuh dan bezel yang sempit, maka tidak ada ruang untuk meletakkan sensor sidik jari pada bagian depan ponsel. Pabrikan ponsel kemudian memindahkan sensor tersebut pada bagian belakang atau menghilangkannya.

Namun terdapat hal berbeda pada pagelaran akbar elektronik dunia, Costumer Electronical Show (CES) 2018, dimana pabrikan ponsel asal Cina, Vivo menampilkan sensor sidik jari pada layar pertama di dunia. Dimana pengguna dapat membuka kunci ponsel dengan sidik jari hanya dengan menempelkannya pada layar sentuh.

 

Seperti dilansir dalam laman Mashable Vivo telah bekerja selama beberapa tahun untuk membuat sensor sidik jari pada layar. Kini, ponsel tersebut siap diproduksi dalam jumlah banyak.

 

Pada tahun lalu, perusahaan tersebut mengumumkan telah mengembangkan teknologi yang disebut 'in display fingerprint scanning' pada ponsel. Dalam versi tersebut digunakan sensor ultrasonik yang dibuat bersama Qualcomm.

 

Kini Vivo bekerja sama dengan Sypnatics dalam mengembangkan teknologi pemindaian jari berdasar optik. Teknologi tersebut bekerja pada tampilan OLED pada ponsel untuk memancarkan cahaya hingga dapat menerangi sidik jari. Kemudian sidik jari yang terkena cahaya tersebut dipantulkan ke sensor yang kemudian dapat digunakan untuk membuka kunci ponsel.

 

Hal tersebut merupakan inovasi bagus yang dapat membawa kejayaan sensor sidik jari di depan layar dengan tren ponsel layar penuh dan bazel yang tipis. Cara mengaturnya sama seperti mengatur sidik jari pada sensor sidik jari di ponsel pintar lain. Tempatkan tangan pada bagian ikon di bawah layar dan kemudian layar akan memindai sidik jari tersebut.

 

Meski prosesnya tidak secepat Touch ID pada iPhone atau sensor sidik jari pada ponsel Android lain, namun hal tersebut bukanlah permasalahan yang besar. Namun sayangnya, pemindai sidik jari hanya ditempatkan pada bagian tengah bawah layar dan tidak bisa dipindahkan ke bagian layar lain.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA