Senin, 11 Syawwal 1439 / 25 Juni 2018

Senin, 11 Syawwal 1439 / 25 Juni 2018

Penggunaan Gawai di Rumah Pengaruhi Keharmonisan Keluarga

Rabu 10 Januari 2018 01:20 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Agung Sasongko

Ponsel

Ponsel

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Terlalu banyak beban kerja kantor? Jangan membawanya pulang karena bisa merusak keintiman dengan pasangan  dan kehidupan profesional Anda.

Dari penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Occupational Health Psychology, menggunakan perangkat mobile di rumah untuk keperluan kerja memiliki implikasi negatif bagi kehidupan kerja karyawan dan juga pada pasangan.

"Ada banyak penelitian tentang teknologi dan bagaimana hal itu mempengaruhi karyawan. Kami ingin memberitahukan apakah penggunaan teknologi ini bila dibawa pulang ke rumah akan mempengaruhi pasangan secara negatif," kata rekan penulis studi tersebut, asisten profesor University of Texas, Arlington seperti dilansir dari laman Indian Express.

Survei yang melibatkan 344 pasangan suami istri. Semua peserta adalah pekerja tetap dan menggunakan perangkat seluler atau tablet di rumah untuk tujuan pekerjaan mereka. Hasil survei menunjukkan bahwa penggunaan perangkat mobile selama waktu keluarga mengakibatkan rendahnya tingkat kepuasan kerja dan menurunkan kinerja kerja.

"Tidak mengherankan bila konflik dibuat saat pasangan menggunakan perangkat mobile di rumah, "kata peneliti.

"Jadi perusahaan perlu mengetahui bahwa ketegangan hubungan yang diciptakan oleh interaksi mereka dengan karyawan mereka selama jam kerja tidak menimbulkan masalah kerja," ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA