Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Defy XT: Tetap Berfungsi Normal Setelah Dicuci dengan Air Kran

Selasa 12 Jun 2012 09:17 WIB

Red: Taufik Rachman

Motorola Defy XT

Motorola Defy XT

REPUBLIKA.CO.ID,REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tahan air, goresan dan debu. Inilah selling point yang dilekatkan Motorola pada Defy XT. Dengan kategori itu, Defy XT masuk ponsel yang memenuhi standar IP67.

Benarkah Defy XT tahan air, goresan atau debu? Dari ujicoba yang dilakukan terhadap Defy, ponsel ini masih bisa bekerja nirmal setelah dicelupkan ke dalam air beberapa menit.

Produk pertema Motorola--setelah diakuisisi Google--, juga tampak 'tenang-tenang' saja setelah terkena siraman air kran. Usai dibasuh dikran, ia bisa berfungsi dengan baik, baik untuk menelepon, memotret, mengambil video atau membuka imel.

Yang menarik, sekalipun tersiram air, tak ada tanda-tanda basah di badan ponsel. Seperti langsung kering. Namun di display ada sisa-sisa butiran air yang perlu dihapus agar, tampilan di display bisa maksimal.

IP 76 menjadi salah satu value yang dilekatkan motorola pada ponsel ini. Ada banyak value lain yang dibenamkan Motorola ke ponsel yang memiliki display 3.7 inci FWVGA. Layar sentuh kapatitifnya didukung oleh teknologi antigiores Corning Gorilla Glass.

Bekerja dengan Android 2.3 Gingerbread, Motorola  membenamkan MOtoSwitch pada ponsel berukuran 115 x 58,5 x 11,95 mm ini. MotoSwitch merupakan antarmuka yang menawarkan kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses dan mengoperasikan fitur atau aplikasi utama.

MotoSwitch, juga memiliki kemampuan mempelajari lagu favorit Anda, siapa yang paling sering Anda hubungi dan aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Dengan cerdik MotoSwitch mengumpulkan semua preferensi Anda dan menyimpannya. BIla sewaktu-waktu diperlukan, Anda tak perlu repot mencarinya.

Defy XT memiliki tujuh layar home yang bisa digeser ke kiri atau ke kanan. Ia diperkaya dengan Social Graph, suatu fitur yang memudahkan penggunanya mengatur kontak atau aplikasi yang dinilai penting atau sering digunakan.

Social Graph menyediakan sembilan item atau shorcut untuk masing-masing fitur. Kontak, misalnya. Anda bisa menampilkan sembilan kontak--lengkap dengan fotonya-- dengan Social Graph. Untuk mengontak, cukup mentab foto yang ada di Social Graph. Hal yang sama bisa dilakukan untuk aplikasi yang sering digunakan.

Sebagaimana smartphone terkini, Defy juga menyediakan aplikasi jejaring sosial dan media sosial. Ponsel ini juda mendukung layanan pushmail multi akun. Namun berbeda dengan produk Motorola sebelumnya, Defy hanya menyediakan aplikasi preinstall untuk google. Bila Anda memiliki akun Google--seperti Gmail, Anda bisa langsung mensetingnya. Bila Anda mau menseting akun lain, seperti Yahoo Anda harus mengunduh dan menginstall aplikasi Yahoo Mail terlebih dahulu yang tersedia di Play Store.

Defy mini memang cukup ramping. Ia mudah dimasukkan saku baju atau celana. Aplikasi preinstall smartphone ini cukup banyak, seperti Youtube, Google+, Map. Ia juga bisa menjadi senter dengan mengaktifkan aplikasi lantern. Bila masih membutuhkan, bisa mengunduh dari Play Store.

Untuk musik terdapat Music Now yang menawarkan kemudahan memutar musik pilihan dengan smart gallery yang mampu menampilkan foto koleksi musik favorit. Kamera 5 mega piksel juga nyaman untuk memotret atau mengambil video.

Fitur DEFY XT:

"    Android 2.3 Gingerbread

"    115 x 58,5 x 11,95 mm

"    850/2100 UMTS, GSM 850/900/1800/1900; GPRS / EDGE Class 12

"    Layar sentuh kapasitif dan anti gores Corning ® Gorilla ® Glass FWVGA 3,7 "inci

"    Kamera 5MP Auto Fokus dengan flash

"    Kamera Depan VGA

"    MicroSD 2Gb

"    Kedap air dan Anti Debu, sertifikasi IP67

"    WiFi 802.11 b/g/n, DLNA

"    User interface MotoSwitch 2,0

"    Prosesor 1GHz

"    512MB RAM

"    GPS / aGPS

"    Jack stereo 3,5 mm

"    Baterai 1700 mAh Waktu Bicara hingga 9,5 jam dan Waktu Siaga hingga 20 hari

"    Perekam video: MPEG4, H.263, H.264, 30fps @ FWVGA

"    Pemutar video: MPEG4, H.263, H.264, 30fps @ FWVGA

"    Bluetooth ® A2DP, AVRCP

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA