Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Tuduh Menyontek Produk, Apple Gugat Samsung

Selasa 19 Apr 2011 13:08 WIB

Red: Agung Vazza

Samsung Galaxy S i9000 dan iPhone 3GS

Samsung Galaxy S i9000 dan iPhone 3GS

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA - Pertarungan pabrikan gadget ternyata tak hanya di pasar, tapi juga di pengadilan. Apple Inc. pekan lalu menggugat Samsung Electronics Co. dengan tuduhan pelanggaran hak cipta.

Apple mengklaim produk-produk Galaxy Samsung, baik ponsel maupun tablet mencontek produk iPhone dan iPad Aple. Mulai dari disain, kemasan, sampai interface pengguna. Inilah yang kemudian dianggap pelanggaran hak cipta, paten, dan trademark.

Gugatan diajukan Apple ke Pengadilan Distrik Northern California. "Ketimbang berinovasi dan mengembang teknologi sendiri untuk produk-produknya, Samsung lebih memilih mengcopy (menyontek) teknologi Apple." Begitulah salah satu bagian dari tuntutan setebal 38 halaman itu, seperti dikutip Wall Street Journal.

Dalam tuntutan tersebut, Apple membanding produk iPhone 3GS, yang dipasarkan Juni 2009, dengan Samsung Galaxy S i9000, yang dipasarkan Maret 2010. Apple juga memperlihatkan foto-foto kemiripan kemasan dan icon-icon untuk aplikasi seperti musik, telepon, text, dan kontak. "Peniruan semacam ini jelas tidak dibenarkan," ungkap Kristin Huguet, jurubicara Apple.

Menanggapi tuntutan ini, pihak Samsung agaknya tak banyak berkomentar. "Kunci sukses Samsung adalah pada pengembangan teknologi inti sekaligus memperkuat portofolio hak cipta dan intelektual kami," ujar jurubicara Samsung.

Gugatan Apple terhadap Samsung ini diprediksi bakal semakin meramaikan persaingan pasar smartphone dan tablet. Apple sempat mendominasi smartphone selama beberapa tahun, namun kini diambilalih pesaing yang menggunakan sistem operasi Android keluaran Google Inc. Khusus di pasar tablet, Apple diperkirakan masih akan mendominasi sampai 2015 meski terus menghadapi persaingan yang makin ketat.

sumber : Wall Street Journal
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA