Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Jumat, 8 Rabiul Awwal 1440 / 16 November 2018

Makan Sambil Bersedekah di Warung Barokah Sukabumi

Jumat 09 Nov 2018 20:25 WIB

Red: Gita Amanda

Warung Barokah Kodim 0607/Kota Sukabumi.

Warung Barokah Kodim 0607/Kota Sukabumi.

Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Kodim 0607/Kota Sukabumi sukses menginspirasi masyarakat dmembuka “Warung Barokah".

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Dari sekian bentuk amal ibadah, aktivitas bersedekah merupakan amalan yang sering dijumpai. Selain dapat mendatangkan pahala, sedekah juga sangat membantu sesama manusia bagi yang membutuhkan. Banyak cara yang telah dilakukan berbagai lembaga maupun individu guna melaksanakan program berbagi sedekah.

Seperti halnya yang dilakukan Kodim 0607/Kota Sukabumi, memiliki cara sendiri agar tetap dapat membantu antarsesama. Selain menjadi tempat pembinaan satuan dan teritorial, Kodim 0607/Kota Sukabumi sukses menginspirasi masyarakat dengan membuka “Warung Barokah”.

Warung Barokah sendiri dapat kita jumpai persis berdekatan dengan pintu masuk Makodim. Terlihat, Warung yang berada di Jl. R.A. Kosasih, Sukaraja, Kota Sukabumi ini sudah terpasang spanduk yang bertuliskan slogan “Bayar Seikhlasnya untuk Sedekah”. Tulisan ini pun akhirnya mendapat perhatian dari para pengguna jalan hingga akhirnya singgah di warung tersebut.

Warung Barokah buka setiap hari Jumat pada pukul 09.00-13.00 WIB. Sama seperti warung makan pada umumnya, Warung yang digagas Sang Dandim, Letkol Kav Mujahidin ini juga menyediakan aneka menu, seperti nasi uduk, nasi kuning, telur, sayur, dan gorengan.

Letnan Kolonel Kav Mujahidin mengungkapkan ihwal kehadiran warung barokah. Hadirnya Warung Barokah ini termotivasi untuk menghadirkan inovasi dalam kegiatan sosial.

"Oleh sebab itu, munculah gagasan untuk mendirikan sebuah warung yang mengusung konsep sedekah, dan akhirnya terbentuklah warung barokah,” ungkap Letkol Kav Mujahidin, Kamis (8/11) lalu, di Makodim 0607/Kota Sukabumi, seperti dalam siaran persnya.

Selain ingin menghadirkan inovasi berbeda dalam kegiatan sosial, kehadiran Warung Barokah ini terinspirasi dari Kodim 0606/Kota Bogor yang telah lebih dulu mendirikan Warung Berkah. Terlepas dari itu semua, tentunya Kodim 0607/ Kota Sukabumi berniat dan berikhtiar agar dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dengan cara apapun.

"Salah satunya bersedekah,” ungkapnya.

Eks Perwira Staf Operasi Kodam V Brawijaya ini mengatakan, siapa pun dapat berkunjung dan mampir di Warung Barokah ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati hidangan menu yang disajikan dengan biaya seikhlasnya sesuai kemampuan. Pihaknya pun telah menyiapkan kotak atau keropak untuk menerima bayaran seikhlasnya dari pengunjung yang telah menyantap makanan.

Kemudian, dari hasil pendapatan Warung Barokah, sepenuhnya akan disumbangkan untuk kalangan tidak mampu (fakir miskin, kaum dhuafa, yatim piatu, dan sebagainya). Saat dikonfirmasi terkait sumber pendanaan untuk menyajikan menu makanan, Letkol Kav Mujahidin menegaskan bahwa sumber dana murni berasal dari kantong pribadi masing-masing anggota TNI Se-Kota Sukabumi yang sebelumnya diorganisir setiap Koramil dibawah komando Kodim 0607/Kota Sukabumi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES