Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Ponsel Baru Android Cukup untuk Kendarai Mobil

Jumat 23 February 2018 18:06 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

Huawei Mate 10 Pro

Huawei Mate 10 Pro

Foto: CNET
Huawei melengkapi Porche Panamera dengan prosesor Mate 10 Pro

REPUBLIKA.CO.ID, Chip ponsel pintar terbaru kini hadir dengan fitur artificial intelligence. Beberapa produk seperti A11 milik Apple, Kirin 970 dari Huawei dan Exynos 9810 milik Samsung. Namun apakah benar AI memiliki kekuatan untuk mengendarai mobil sendiri?

Huawei terlihat mampu menanggapi tantangan tersebut. Chip Kirin dalam ponsel Huawei Mate 10 Pro, ponsel andalan yang tidak diperbolehkan dijual di AS ini mampu mengendarai mobil.

Sebelum memamerkannya di ajang Mobile World Congress 2018, Huawei melengkapi Porche Panamera dengan prosesor Mate 10 Pro. Dengan harpan mobil ini dapat diubah menjadi kendaraan otonom. Meski Huawei hanya memiliki waktu hanya lima minggu.

Seperti dilansir dari laman BGR, AI Huawei telah dilatih untuk mengenali kucing dan anjing. Selain itu, mobil prototipe otonom dalam pengujiannya mampu menghindari seekor anjing.

Namun hal tersebut bukan berarti Huawei akan meluncurkan mobil otonom miliknya di masa depan. Tes tersebut hanya menunjukkan bagaimana kendaraan menghindari rintangan saat test drive. Dalam kondisi berkendara sebenarnya, ada banyak hal yang berbeda yang harus dipantau AI pada saat bersamaan. Tentunya tidak mungkin hanya ada kucing dan anjing di depan kendaraan.

Namun jika chip tersebut digunakan pada perangkat Android, akan ada kemungkinan ponsel mampu menyalakan mobil dan mengendarainya. Hal sama berlaku untuk generasi selanjutnya dari chip mobile dan desktop yang saat ini digunakan.

Di sisi lain, teknologi pengenalan objek Huawei tersebut cukup canggih untuk melakukan trik semacam ini. Inovasi dari chip dan mobil otonom Huawei akan dipamerkan di ajang MWC 2018 di Barcelona, Spanyol.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA