Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Intel Ungkap Prototipe Kartu Grafis 1,5 Miliar Transitor

Kamis 22 February 2018 09:44 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Intel. Ilustrasi

Intel. Ilustrasi

Foto: Reuters
Sebelumnya intel meluncurkan prototip GPU berdasarkan proses 14nm.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Sejak Intel membajak Pemimpin Grup AMD Radeon Tech Raja Koduri, ia kemudian membawa idenya dengan sebuah prototipe baru untuk Intel. Pada Konferensi Sirkuit Solid Solid State IEEE, Intel meluncurkan prototip GPU berdasarkan proses 14nm.

Menurut PC Watch, dikutip dari Techradar, Kamis (22/2) prototipe GPU berisi 1.542 miliar transistor terbagi antara dua chip, satu menjadi unit prosesor grafis yang sebenarnya dan yang lainnya adalah field programmable gate array (FPGA). Dimasukkannya FGPA menunjukkan prototipe GPU ini mungkin dalam pengembangan untuk penggunaan workstation dan server daripada game atau pertambangan.

Intel belum mengungkapkan maksud prototipenya dan hanya menyebutnya sebagai bukti konsep. Tanpa angka kinerja, juga tidak dapat menarik lebih banyak kesimpulan di sini.

Namun, seperti halnya prosesor perusahaan, arsitektur prototipe GPU diharapkan makin efisien. Terlepas dari arah mana Intel mengembangkannya, fakta bahwa ia menutup kartu grafis khusus harus masuk pasar yang didominasi oleh Nvidia dan AMD sedikit lebih menarik. Hal ini sejalan dengan perang teknologi yang bergerak ke arah prosesor PC, dimana Intel dan AMD siap bersaing dengan produk terbarunya, bersama dengan Nvidia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA