Wednesday, 11 Zulhijjah 1439 / 22 August 2018

Wednesday, 11 Zulhijjah 1439 / 22 August 2018

Peneliti Kembangkan Robot Kecil Bertenaga Kelembaban

Selasa 06 February 2018 10:39 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Winda Destiana Putri

Robot

Robot

Foto: AP
Robot ini berfungsi untuk infiltrasi di tempat yang terlalu kecil untuk dideteksi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Para peneliti di Seoul National University di Korea Selatan telah mengembangkan robot kecil bertenaga kelembaban sehingga aman masuk ke dalam tubuh manusia. Robot kecil memiliki banyak kegunaan karena cukup kecil sehingga mereka bisa berenang di sekitar tubuh kita untuk melawan penyakit, atau untuk infiltrasi di tempat yang terlalu kecil untuk dideteksi.

Namun masalah dengan robot kecil adalah bagaimana Anda memberi kuasa pada mereka? Meskipun baterai mungil adalah salah satu cara untuk mengatasinya, baterai sendiri memang menimbulkan masalah, seperti berpotensi meledak, dilansir di Ubergizmo. Ini jelas tidak ideal saat robot ada di dalam tubuh Anda. Namun berkat para peneliti di Seoul National University di Korea Selatan, mereka telah menciptakan robot mungil bertenaga kelembaban.

Rincian tentang robot tersebut telah dipublikasikan di jurnal Science Robotics yang menggambarkan sebuah robot yang bisa merangkak dan menggeliat maju mundur seperti seekor ular untuk membantunya bergerak. Gagasan untuk robot mungil ini adalah bahwa mereka berpotensi digunakan untuk mengantarkan obat ke kulit manusia.

Menurut para periset, inspirasi bagi robot berasal dari tanaman dimana bisa berubah bentuk dan ukuran dengan menyerap air dari tanah dan udara. Mengingat bahwa ada cukup banyak kelembaban di udara di sekitar kita, ini berarti robot bisa menemukan sumber tenaga dengan mudah.

Ditambah lagi robot itu tidak beracun dan tidak ada bahaya baterai meledak atau terbakar. Tentu saja kapan tepatnya robot-robot ini akan mulai diproduksi dan melihat penggunaan komersial tetap harus dilihat, tapi ini adalah perkembangan yang menarik.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA