Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Merge Ciptakan VR Ramah Anak

Selasa 16 January 2018 13:06 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Winda Destiana Putri

Merge Mini

Merge Mini

Foto: Techradar

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Merge ingin memperkenalkan Virtual Reality (VR) kepada anak-anak, dimana perusahaan tersebut telah mengumumkan produk Merge Mini.

Produk tersebut merupakan desain VR headset berbasis smartphone ringan, yang dirancang agar dapat sesuai dengan ukuran kepala anak-anak, dan model tersebut lebih baik daripada model sebelumnya.

VR merupakan teknologi baru yang menarik, dimana setiap harinya semakin banyak orang yang terpukau dengan keajaibannya. Bagi orang-orang yang terpukau dengan teknologi VR, wajar jika anak-anak juga ingin menggunakannya untuk merasakan kesenangan.

Namun, perangkat VR saat ini tidak cocok untuk anak-anak karena lensanya yang berjarak terlalu jauh. Sebagian besar pembuat VR headset memperingatkan bahwa anak-anak berusia di bawah 13 tahun tidak boleh menggunakan perangkat tersebut, karena tidak dapat mengakomodasi jarak interpupillary (IPD) yang kecil.

Merge tidak berusaha memperkenalkan VR kepada anak-anak muda sebelum waktunya, tapi juga tidak berpikir untuk menunggu usia anak-anak mencapai 13 tahun. Perusahaan tersebut menciptakan Merge Mini untuk memberi kesempatan kepada anak-anak yang berusia 10 tahun atau lebih untuk mencoba VR. Merge Mini memiliki fitur yang sama dengan Merge Goggles, namun dalam pembaruan yang lebih cocok untuk tangan dan kepala yang berukuran kecil.

Dilansir di Live Science, seperti Merge Goggles, Merge Mini dilengkapi dengan konstruksi karet busa "marshmallow-soft", yang memungkinkan adanya peregangan yang juga sesuai untuk orang dewasa. Konstruksi karet busa juga tahan kelembaban, yang membuatnya mudah dibersihkan. Konstruksi lunak juga menyerap kekuatan benturan dan melindungi telepon saat ingin melepaskan VR.

Merge mengatakan, lensa di produk Merge Mini dapat disesuaikan seperti model produknya yang lebih besar, namun perangkat baru ini memiliki penyesuaian IPD yang lebih sempit. Belum jelas apakah lebar IPD maksimum lebih sempit di produk Merge Mini dibandingkan dengan Merge Googles.

Seperti pada Merge Googles, Merge Mini mendukung ponsel iOS dan Android terbaru. Namun Merge tidak merilis daftar ponsel yang kompatibel, dan kemungkinan perangkat mobile terbesar tidak muat di dalam VR headset Merge Mini tersebut

Merge mengatakan bahwa Merge Mini akan tersedia di musim panas 2018. Perusahaan tersebut berencana untuk menjual perangkat VR yang ramah anak dengan harga 30 dolar Amerika.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA