Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Robot Aibo Diprediksi Menjadi Gadget Paling Lucu di 2018

Sabtu 13 Januari 2018 07:08 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Robot Aibo. Ilustrasi

Robot Aibo. Ilustrasi

Foto: CNET

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Sony mengejutkan semua orang pada musim gugur lalu saat mengumumkan kembalinya robot Aibo. Aibo baru memiliki lebih banyak poin artikulasi, lebih banyak kecerdasan berkat kontrol AI (artificial intellegence) dan suara yang lebih cerdas, termasuk mata dengan lampu OLED yang menggemaskan.

Di tengah banyaknya pengumuman gadget yang sama di CES 2018, Sony berhasil menarik perhatian pengunjung dengan Aibo. Robot anjing ini memiliki 22 poin artikulasi dan berbagai sensor gerak yang memungkinkannya mendeteksi dan berinteraksi dengan manusia dan anjing Aibo lainnya.

Dalam sebuah demo, satu Aibo mulai meringkuk ke adiknya Aibo seperti seekor anjing sejati. Beberapa tindakannya, seperti mengendus pantat Aibo lainnya. Bagian dalam hidungnya adalah kamera yang memungkinkannya melihat ke mana arahnya sekaligus mengidentifikasi orang yang berbeda.

Dikutip dari Mashable, seorang perwakilan Sony mengatakan, Aibo akan berperilaku berbeda tergantung pada orang yang berinteraksi dengannya. Seperti seekor anjing sejati, ia merespons tepukan bahkan tahu trik seperti menaikkan kakinya.

Sony mengatakan, kemampuan itu karena disematkannya dengan AI dan selalu terhubung ke komputasi awan, yang mewajibkan pemilik mengeluarkan biaya sekitar  25 Dolar AS per bulan  agar tetap berjalan. Namun, selama konferensi pers Sony, Aibo sempat mengabaikan CEO Kaz Hirai. Kemudian, dalam demo pasca-keynote, dua Aibos yang terpisah mengalami masalah saat merespons pemiliknya.

Perlu dicatat, demo ini biasanya dilakukan di lingkungan yang bising. Tapi lokasi demo ini sebetulnya tidak terlalu berisik dan anjing-anjing itu masih kesulitan melakukan hal-hal seperti mengambil bola.

Sulit untuk mengatakan apakah ada koneksi internet yang buruk atau mungkin anjing itu adalah model pra-produksi awal. Dengan tanggal pengiriman 11 Januari di Jepang, orang-orang yang memesan di awal mungkin akan mendapatkan beberapa anjing robo buggy.

Daya tahan baterai juga relatif rendah, hanya dua jam sekali charge. Meski demikian, Aibo masih menjadi pendamping yang sangat imut untuk anak-anak atau cukup bertanggung jawab untuk merawat seekor anjing sejati (Aibo tidak perlu buang air besar). Aibo baru juga harus menjadi teman yang hebat bagi warga lanjut usia yang kesepian atau orang yang mencintai anjing tapi mungkin alergi terhadapnya, sama seperti yang asli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES