Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Mengenal Spectre dan Meltdown dan Cara Menangkal Pengaruhnya

Ahad 07 Jan 2018 00:25 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ratna Puspita

Ilustrasi prosesor

Ilustrasi prosesor

Foto: EPA-EFE

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin pernah mendengar tentang kekurangan keamanan CPU Metldown dan Spectre yang menjadi berita utama di seluruh dunia. Apa itu Spectre dan Meltdown? Dikutip dari Techradar, Sabtu (6/1), Spectre and Meltdown adalah sebuah kekurangan yang ditemukan di sejumlah prosesor Intel, ARM dan AMD yang memungkinkan hacker untuk mengakses kata kunci, kunci enkripsi dan informasi pribadi lainnya dari aplikasi terbuka.

Kekurangannya ditemukan oleh sejumlah orang termasuk anggota Proyek Zero Google, mengirimkan gelombang kejut melalui dunia TI. Dari sana terungkap mereka telah hadir dalam desain chip selama lebih dari 20 tahun, dan hal itu mempengaruhi sejumlah prosesor perusahaan, yang berarti kekurangan dapat ditemukan pada sejumlah besar perangkat, mulai PC hingga server web dan bahkan smartphone. 

Meski demikian, Anda tidak perlu terlalu panik, karena sejauh ini tidak terlihat kekurangan Spectre atau Meltdown yang telah digunakan dalam serangan, dan produsen perangkat bekerja sama dengan Intel, ARM dan AMD untuk memperbaiki kekurangan ini.

Intel telah mengklaim bahwa eksploitasi ini tidak dapat merusak, memodifikasi atau menghapus data. Namun, ini berarti bahwa prosesor masa depan harus bebas dari kelemahan keamanan Spectre dan Meltdown. 

Berikut adalah cara melindungi terhadap kelemahan keamanan Meltdown dan Spectre CPU untuk berbagai perangkat. Untuk Ponsel Android, Google akan merilis update keamanan baru pada tanggal 5 Januari yang akan membantu melindungi ponsel Android Anda melawan Meltdown and Spectre.

Jika Anda memiliki ponsel bermerek Google, seperti Nexus 5X atau Pixel 2 atau Pixel 2 XL maka Anda harus segera melakukan pembaruan. Pada perangkat Google yang lebih baru, pembaruan harus diunduh dan dipasang secara otomatis.

Ponsel Android dari produsen lain mungkin memakan waktu lebih lama untuk mendapatkan update. Buka aplikasi setelan di ponsel cerdas Android Anda, buka 'Sistem' dan lihat apakah Anda dapat menemukan pembaruan baru yang menunggu Anda. Ini mungkin juga layak diikuti oleh pabrikan ponsel Anda di Twitter untuk mengikuti berita tentang pembaruan.

Untuk iPhone, Apple akhirnya mengungkapkan bahwa semua iPhone dipengaruhi oleh kelemahan keamanan oleh Spectre dan Meltdown. Sementara penundaan dalam mengakui kekurangan yang memang memengaruhi produknya membuat frustrasi, Apple memang mengungkapkan bahwa pihaknya telah merilis 'mitigasi' untuk Meltdown di iOS 11.2. 

Dengan demikian, pastikan Anda mengawasi semua pembaruan baru yang tersedia untuk iOS di iPhone atau iPad, dan masuk ke 'Settings' untuk memeriksa versi iOS yang Anda jalankan.

Bagi yang menggunakan PC Windows, terlepas dari apakah mereka menjalankan prosesor Intel atau AMD. Kabar baiknya adalah Microsoft tampaknya berada pada kasus ini dan mengatakan pihaknya telah merilis sebuah update keamanan pada hari Rabu untuk Windows 10, serta versi Windows sebelumnya.

Windows 10 harus mendownload update secara otomatis, tapi pastikan, ketik 'windows update' di bar pencarian pada taskbar, dan pilih ‘check for update' Download dan instal update baru yang ditemukannya. Mac juga telah terpengaruh oleh Meltdown and Spectre. Oleh karena itu, Apple juga telah merilis serangkaian perbaikan di macos 10.13.2, jadi awasi di Mac App Store untuk mendapatkan update ke OS X atau macOS, dan pastikan Anda menjalankannya. versi terbaru dari sistem operasi.

Jika Anda memiliki Chromebook, juga tidak perlu khawatir, Anda dilindungi secara otomatis dari Meltdown and Spectre, karena Google merilis Chrome OS versi 63 pada bulan Desember, yang memiliki fitur yang disertakan untuk menghindari kekurangan ini.

Jika Anda ingin tahu apakah Chromebook Anda diperbarui ke versi 63, atau jika ada pembaruan, periksa daftar perangkat Chrome OS Google, dan periksa apakah itu 'ya' ada di kolom terakhir. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA