Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Sunday, 10 Syawwal 1439 / 24 June 2018

Sembilan Tren Teknologi yang akan Ubah Dunia di Tahun 2018

Selasa 02 January 2018 20:42 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

Perkembangan Teknologi dari masa ke masa. Ilustrasi

Perkembangan Teknologi dari masa ke masa. Ilustrasi

Foto: The Verge

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa tren teknologi gagal dan lainnya lenyap begitu saja. Namun tidak semuanya gagal, terdapat teknologi yang dapat mengubah dunia secara signifikan.

Inilah sembilan tren teknologi yang akan menentukan nasib dunia di tahun 2018 seperti dilansir pada laman Forbes.

1. Meningkatnya datafikasi kehidupan

Dari mulai mengobrol bersama dalam aplikasi pesan singkat, membeli kopi, menggunakan uang elektronik untuk naik transportasi hingga streaming aplikasi musik, semua data kita akan tersimpan. Hal ini membuat peningkatan datafikasi di dunia yang menyebabkan ledakan data yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam satu menit, terdapat 900 ribu pengguna Facebook login, 450 ribu tweet diposting, 156 juta email dan 15 juta pesan dikirim. Dengan jumlah sebanyak itu, tidak heran data yang dibuat dunia naik meningkat selama dua tahun.

2. Internet of Things (IoT) dan bagaimana gawai menjadi lebih pintar

IoT, produk gawai pintar yang terhubung dengan ponsel dan jam pintar, merupakan faktor utama dalam peningkatan data penghubung dari seseorang. Hal tersebut karena semua gawai pintar ini terus mengumpulkan data, terhubung dengan gawai lai dan berbagi data, tanpa disambungkan oleh manusia.

Banyak hal yang dilakukan oleh gawai pintar ini, misalnya koneksi dengan mobil. Pada 2020 mendatang, seperempat miliar mobil akan terhubung dengan internet. Untuk rumah, terdapat berbagai macam gawai pintar seperti TV dan bahkan karpet yoga yang terhubung dengan aplikasi. Tentu setiap rumah pintar akan hadir dengan fitur suara seperti Alexa. Banyak gawai pintar, namun IoT baru saja dimulai, sebuah perusahaan analisis dunia, IHS memperkirakan akan ada 75 miliar gawai yang akan terhubung pada 2020 mendatang.

3. Pertumbuhan secara eksponen dalam kemajuan teknologi secara besar-besaran

Dibalik pertumbuhan data yang luar biasa dan miliaran perangkat IoT yang tersedia, terdapat lompatan besar dalam daya komputasi yang telah kita buat. Sejak 2975 hingga 2015, daya komputasi meningkat berlipat ganda setiap dua tahun, sebelum melambat pada tingkat ini menjadi tiap dua setengah tahun. Meski telah mencapai batas daya komputasi tradisional, namun tetap dapat ditangani karena memiliki komputasi kuantum. Sehingga mereka mampu menangani masalah yang bahkan tidak dapat diprediksi.

4. Kemunculan Artificial Intelligence (AI) yang luar biasa

Komputer saat ini mampu belajar dengan cara yang sama seperti yang manusia lakukan dan peningkatan kemampuan AI, dimana terdapat peningkatan daya dan daya komputasi secara besar. Hal ini menjadi ledakan besar dalam data yang memungkinkan AI maju dengan cepat beberapa tahun terakhir. Dimana semakin banyak data yang dimiliki AI, maka semakin cepat dia belajar dengan hasil akurat.

Peningkatan besar dalam perkembangan AI mengakibatkan komputer dapat melakukan lebih banyak tugas manusia. Di sisi lain,  AI memungkinkan komputer untuk melihat (seperti perangkat lunak pengenal wajah), membaca (menganilisis pesan media sosial), mendengarkan (Alexa yang dapat melakukan setiap perintah), berbicara (Alexa yang menjawab pertanyaan), dan mengukur emosi (komputasi afektif).

5. Kereta kargo yang bergerak otomatis

Semakin banyak mesin pintar hadir, semakin banyak yang bisa dilakukan. Itu berarti, semakin banyak proses, keputusan, fungsi dan sistem dapat dilakukan secara otomatis melalui algoritma atau robot. Akhirnya berbagai industri dan pekerjaan akan dilakukan secara otomatis. Namun saat ini, pekerjaan yang dilakukan manusia dengan mesin terkesan membosankan, kotor, bahaya dan disayangkan. Ini berarti manusia tidak diperlukan lagi jika dibandingkan dengan mesin otomatis yang lebih cepat, aman, murah dan lebih akurat.

Dibandikan oleh mesin yang secara algoritma berperan sebagai robot untuk mengatur pekerjaan manusia, termasuk bidang profesional seperti hukum dan akutansi, pengemudi truk, tukang bangunan bahkan dokter, tentu dapat berpengaruh secara langsung pada manusia. Dimana diperkirakan bahwa 47 persen pekerjaan di Amerika Serikat dapat dilakukan secara otomatis oleh mesin.

6. Percetakan 3D sebagai peluang luar biasa bagi produsen

Terkait dengan peningkatan mesin otomatis, penemuan percetakan 3D dapat mengganggu industri manufaktur dan industri lainnya. Dalam pembuatan secara tradisional, benda dipotong atau dilubang menggunakan alat seperti alat pemotong dari logam Namun dalam percetakan 3d (additive manufacturing), obyek yang dibuat dapat diletakkan atau ditambah lapisan material. Bahan yang digunakan oleh percetakan 3D diantaranya plastik, logam, beton, cairan, bubuk, bahkan hingga coklat dan jaringan manusia.

Dengan percetakan 3D, bentuk yang dihasilkan jauh lebih kompleks daripada buatan manusia. Hal ini memungkinkan penyesuaian profuk yang jauh lebih besar tanpa mengkhawatirkan skala ekonomi.

7. Berinteraksi dengan teknologi dengan cara yang berbeda

Beberapa tahun terakhir, cara seseorang berinteraksi dengan teknologi dapat berubah secara drastis. Berkat ponsel pintar dan tablet, semua orang dapat melakukan berbagai macam kegiatan hanya dengan menyentuh layar. Penggunaan web dari ponsel meningkat sehingga melampaui penggunaan web melalui komputer pada 2016 lalu. Google telah memastikan bahwa penelusuran pada ponsel sekarang telah melampaui penelusuran dekstop.

Selain itu, penelusuran suara melalui Siri dan sejensnya berkembang pesat. Pada 2020 mendatang, diperkirakan 50 persen dari pencarian akan melalui suara dan 30 persen tidak melibatkan layar apapun. Hingga tiap urusan akan digunakan pada produk IoT seperti Siri, Alexa dan Google Assistant. Seperti 2018 nanti Alexa akan diintegrasikan dalam mobil BMW. Tahap selanjutnya, akan diprediksi hadirnya Virtual Reality dan Augmented Reality yang memberi inovasi antarmuka, dimana produk IoT akan berinteraksi tatap muka dengan pelanggan.

8. Blockhains: penemuan yang mampu mengubah dunia

Teknologi blockhain merupakan solusi yang mendasar untuk permasalah penyimpanan, yaitu mengotentikasi data dan mengamankan data. Dimana menganggap sebuah blockchain sebagai data yang aman dan tidak terpusat. Namun realitanya di dunia ini bahwa tidak ada hal yang secara sempurna terbukti ke amanan nya, blockhain menghadirkan peningkatan kemajuan yang cukup signifikan dibandingkan dengan teknologi keamanan saat ini, tidak seperti sistem basis data yang terpusat, tidak terdapat kegagalan yang pada satu titik.

Kumpulan data pada suatu blockchain disebut dengan 'blok'  dan tiap blok terhubung dengan blok sebelumnya, keseluruhan mata rantai bersifat individual atau mandiri, sehingga tidak ada yang bisa menguasai keseluruhan mata rantai. Jasa keuangan, asuransi, dan kesehatan merupakan beberapa sektor dimana solusi blockchain sangat di gunakan. Faktanya 90 persen bank eropa dan amerika utara sedang menelusuri penggunaan dari solusi blockchain ini.

9. Sistem komputer merupakan solusi untuk melakukan bisnis

Sistem komputer secara dasarnya yaitu sebuah jaringan fisik maupun digital yang memungkinkan para pengguna untuk saling terhubung dan saling bertukar untuk suatu jasa, produk, ataupun informasi. Sistem komputer telah membantu bisnis cukup besar seperti airbnb, uber, dan amazon, begitu pula dengan bisnis yang dilakukan facebook ataupun twitter. Namun sistem komputer menawarkan peningkatan keaempatan dari berbagai jenis bisnis , industri, dan sektor, tidak hanya perusahaan teknologi saja yang terpengaruh hal ini. Bahkan perusahaan seperti Ford sudah mulai menggunakan sistem komputer ini sebagai pengembangannya.

Baca juga: 2018, Masyarakat Indonesia Semakin Rasional Beli Ponsel

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA