Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

RICOH THETA V, Kamera 360 Derajat Berteknologi Canggih

Selasa 19 Desember 2017 08:33 WIB

Red: Winda Destiana Putri

RICOH THETA V, Kamera 360 Derajat 4K Mudahkan Perkembangan VR.

RICOH THETA V, Kamera 360 Derajat 4K Mudahkan Perkembangan VR.

Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan kamera terus melaju pesat. Setelah masyarakat dihadirkan action cam, kini tren mulai bergeser ke 360 derajat. Salah satu merek bergengsi kamera 360 derajat, RICOH seolah tak mau ketinggalan dengan tren tersebut. Hadir dengan generasi terbaru, spesifikasi kamera ini terbilang cukup canggih.

RICOH THETA V, kamera produksi dari Ricoh Imaging Company, Ltd – Japan ini tidak hanya menyuguhkan bidikan gambar yang tajam, recording video ataupun live streaming dalam format kualitas 4K, namun juga 3D 360° spatial audio, yang membuatnya semakin menjadi pilihan terbaik untuk segmentasi konsumen semi profesional dalam pengembangannya pada industri audio video Virtual Reality (VR).

RICOH THETA V tidak hanya mengandalkan fitur akan kamera dan audionya saja, namun juga pada desain bodi kameranya yang mengusung nilai sebuah desain simple, ringan dan mudah digunakan. Tak heran, RICOH THETA V dianugerahkan Good Design Award 2017 (Best 100) di negara sakura, Jepang.

Qualcomm (R) Snapdragon (TM) 625 dipilih oleh perusahaan kamera asal Jepang ini sebagai prosesor utama pada RICOH THETA V. Dengan prosesor ini, RICOH THETA V memiliki banyak perbaikan dibanding series pendahulunya, diantaranya kecepatan image processing, kecepatan transfer wireless, serta kapabilitas untuk penghematan daya energi yang digunakan (include didalamnya fast charging). Kamera ini juga menawarkan ISO hingga 3200 dan 6400 untuk video.

"RICOH THETA V ini kami hadirkan untuk menunjang kebutuhan masyarakat akan kamera 360 derajat yang dapat mengabadikan situasi dan kondisi yang nyata sebagaimana adanya, baik secara kualitas 14 MP foto, 4K video yang dihasilkan secara hingga spatial audio 360 derajat. Tidak hanya digunakan untuk didarat saja, kami pun menyediakan waterproof case yang tentunya sangat menunjang untuk pengambilan gambar maupun video 360 derajat dengan kedalaman hingga 100 kaki atau 30 meter dibawah permukaan laut," papar Genichiro Takaoka, Strategic Area Sales Department Asia Oceania Group, Ricoh Imaging Company, Ltd belum lama ini di Jakarta.

Menariknya, RICOH THETA V ini memudahkan penggunanya untuk mentransfer gambar lebih cepat dengan koneksi Bluetooth yang terkoneksi ke smartphone ataupun tablet. "RICOH THETA V ini mengembangkan fitur yang cukup drastis lebih baik dari pendahulunya, Ricoh Theta S, Ricoh Theta SC, selain fitur 4K dan 3D spatial audio, kecepatan transfer data hingga konektifitas melalui bluetooth WiFi tentu sangat memudahkan kami sebagai praktisi 360 derajat, dan tentunya ini menjadi kontribusi yang cukup signifikan pada industri pendukung Virtual Reality (VR) di masa depan," tambah Utomo Widiyasa, selaku praktisi foto & video 360 derajat yang juga co-founder dari DCI Imaji.

Selain itu, dengan kapasitas penyimpanan 19 GB, kamera ini juga mampu menampung hingga 4800 foto dan video berdurasi 40 menit. RICOH THETA V dijual di pasaran Indonesia sekitar Rp 6,6 juta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA