Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Lenovo akan Akuisisi Bisnis PC Fujitsu

Jumat 07 Oktober 2016 06:56 WIB

Red: Winda Destiana Putri

lenovo

lenovo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lenovo Group Ltd dari Cina tengah berunding untuk mengakuisisi bisnis komputer pribadi (PC) Fujitsu Ltd. Sehingga perusahaan Jepang ini fokus kepada layanan IT dan bisnis lainnya.

Kedua perusahaan berusaha mencapai kata sepakat bulan ini yang membuat sekitar dua ribu karyawan Fujitsu pindah ke Lenovo, dilansir Reuters yang dikutip Antaranews Jumat (7/10). Jika terwujud, kesepakatan bisnis ini akan membuat Fujitsu menjadi pembuat PC asal Jepang kedua setelah NEC Corp yang mencari bantuan kepada produsen PC terbesar di dunia asal Cina itu demi tetap bersaing dalam pasar bermarjin tipis ini.

Lenovo dan NEC sudah membuat sebuah perusahaan patungan pada 2011. Dalam kerangka perusahaan patungan yang dipimpin Lenovo nanti, Fujitsu mesti mentransfer desain, pengembangan dan operasi pabriknya ke Lenevo. Atau Lenovo memilih membeli mayoritas saham unit bisnis PC Fujitsu.

Fujitsu belum lama ini mengatakan tengah mempertimbangkan berbagai opsi untuk unit PC miliknya. Namun belum memutuskan apa-apa, sebaliknya Lenovo menolak berkomentar.

Fujitsu sebelum ini sudah bernegosiasi dengan Toshiba Corp dan Vaio Corp yang merupakan spin-off dari Sony Corp, untuk merger tiga arah dengan bisnis PC mereka. Akan tetapi ketiganya gagal bersepakat.

Permintaan global untuk PC tertekan oleh penjualan smartphone dan komputer tablet. Ini membuat masa depan bisnis PC tidak menentu sehingga para pemain kecil kesulitan mendapatkan keuntungan.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA