Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Mengenal Pesawat Super Cepat di Dunia

Rabu 04 November 2015 06:10 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

pesawat skylon

pesawat skylon

Foto: Reaction Engines

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi pesawat terus berkembang. Teknologi yang semakin maju memungkinkan pesawat melaju dengan lebih cepat. Berikut beberapa pesawat supercepat yang ada di dunia. Ada yang masih berupa konsep, ada yang sudah dioperasikan dan ada pula yang sudah pensiun dari dunia penerbangan.

Pesawat Skylon

Baru-baru ini, perusahaan dirgantara BAE System berinvestasi di perusahaan Inggris untuk mengembangkan mesin pesawat Skylon yang mampu menerbangkan penumpang dari London ke Sydney hanya dalam waktu empat jam. Bermitra dengan perusahaan Reaction Engines Limited (REL), teknologi revolusioner ini memungkinkan pesawat lepas landas dan melaju hingga lima kali kecepatan suara sebelum beralih ke mode roket, dan mendorong ke dalam orbit.

Dilansir dari Science Alert, teknologi ini memungkinkan juga untuk mengirimkan satelit ke luar angkasa. Kecepatan orbital setara dengan 25 kali kecepatan suara, sementara dengan mode orbit pesawat ini bisa difungsikan untuk meluncurkan satelit. Mesin yang dinamakan Synergetic Air-Breathing Rocket Engine (SABRE) ini memungkinkan untuk mandiri dari sisi energi. Mesin bisa menghasilkan oksigen cair yang berasal dari pendingin udara yang masuk dari suhu 1000 derajat Celsius hingga -150 derajat dalam waktu seperseratus detik atau enam kali lebih cepat dibandingkan kejapan mata.

SABRE memiliki siklus termodinamika canggih dengan perpindahan panas antara aliran fluida. Dengan sistem ini, mesin bisa berputar aman pada daya yang jauh lebih tinggi tanpa harus menimbulkan risiko terlalu panas dan panas. Sebab, mesin ini dilengkapi dengan procooler. Desain dalam SABRE ini digunakan untuk menghidupkan jet Mach 5. Mach 5 bisa terbang dua kali lebih cepat dibandingkan pesawat Concorde.

Sumber : arsip republika
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Spanyol Taklukkan Iran 1-0

Kamis , 21 June 2018, 03:21 WIB