Minggu, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

Minggu, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

Cina Buat Pesawat Raksasa Berbahan Bakar Helium

Kamis 22 Oktober 2015 15:39 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

pesawat The Yuanmeng

pesawat The Yuanmeng

Foto: Science Alert

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina akan memiliki pesawat raksasa. Pesawat terbang terbesar di Cina ini diberi nama 'The Yuanmeng'. Pesawat yang artinya 'mimpi' ini akan memulai penerbangan perdananya pada bulan ini dari Xilinhot menuju Inner Mongolia. Penerbangan itu akan menjadi bukti seberapa tangguh pesawat ini.

Berdasarkan laporan, melansir dari situs Science Alert, pesawat ini memiliki panjang 75 meter dan tinggi 22 meter. Pekan lalu, pesawat ini sudah dicoba untuk diterbangkan selama 48 jam penerbangan. Pesawat bisa terbang dengan ketinggian 20 km.

The Yuanmeng menggunakan gas helium. Pesawat ini juga akan diaktifkan dengan tenaga surya untuk menjaga pasokan listrik dan penggunaan energi selama di udara. Dilapisi dengan solar panel pada permukaan atasnya, pesawat ini diklaim bisa terbang selama enam bulan.

Pesawat ini akan menyaingi pesawat Aeroscarft ML866 yang dibuat oleh pembuat pesawat terbang yang berbasis di California. Peswat ini merupakan pesawat terbang terbesar di dunia. Pesawat ini memiliki panjang 169 meter dan tinggi 36 meter. Rencananya, pesawat ini kelar dibuat pada tahun 2020 mendatang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA