Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Google Tambah Fitur Pencarian Khusus Ramadhan dan Idul Fitri

Kamis 16 May 2019 19:04 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Christiyaningsih

Seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Google hadirkan fitur tambahan terkait aktivitas Ramadhan dan Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas khas Ramadan seperti puasa, ngabuburit, mudik, hingga perayaan Idul Fitri menjadi rangkaian keseharian di bulan suci ini. Memasuki masa Ramadhan dan Idul Fitri, Google menghadirkan beberapa fitur tambahan yang berkaitan erat dengan aktivitas khas tersebut.

"Data kami menunjukkan ada peningkatan pencarian seputar jadwal buka puasa, jalur mudik, zakat fitrah, hingga tempat buka bersama,” ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di Jakarta, Kamis (16/5).

Sekarang, pengguna cukup memasukkan kata kunci ‘Ramadan’, ‘bulan Ramadan’, dan ‘puasa’ di Google Search untuk mendapatkan info-info seputar Ramadhan dari jadwal salat hingga mencari kiblat. Dengan Asisten Google, pengguna dapat diingatkan waktu sahur. Caranya cukup dengan bicara “Bangunin sahur jam tiga pagi”.

Selain itu, Google Maps bekerja sama dengan Qraved menghadirkan daftar “Restoran untuk bukber” yang telah dikurasi sesuai dengan lokasi dekat pengguna. Jadi, Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menentukan lokasi berbuka puasa bersama.

Jika tiba saatnya mudik dan mencari oleh–oleh, cukup ucapkan “Tempat oleh–oleh dekat sini”. Google Maps juga hadir dengan informasi –informasi terbaru tentang rute terbaik. Rute-rute mudik tidak hanya bisa digunakan di Pulau Jawa namun juga bisa digunakan di seluruh Indonesia.

Baca Juga

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA