Jumat, 10 Safar 1440 / 19 Oktober 2018

Jumat, 10 Safar 1440 / 19 Oktober 2018

Gim Ini Mudahkan Anak-Anak Belajar Mengaji

Selasa 09 Okt 2018 10:55 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta menciptakan gim edukatif pembelajaran bahasa Arab, Zamzamy

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta menciptakan gim edukatif pembelajaran bahasa Arab, Zamzamy

Foto: Doc Amikom
Gim Zamzamy Juara Satu Lomba Bisnis Model Kanvas Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gim edukatif pembelajaran bahasa Arab, Zamzamy, berhasil menjadi juara satu Lomba Bisnis Model Kanvas Nasional 'Entrepreneur Challange'. Gim itu dikembangkan mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta.

Entrepreneur Challenge sendiri diadakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam rangka Gebyar Akuntansi 9th. Mereka tergabung dalam kelompok penerbit gim literasi anak bernama Sebangku.

Terdiri dari Adam Hanafi Syafrudin, Muhammad Saifullah, Anisa Oktaviani dan Devi Nurjanah. Dalam kompetisi, seleksi dilaksanakan dua kali yaitu tahap penyisihan dan presentasi 10 besar.

photo

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta menciptakan gim edukatif pembelajaran bahasa Arab, Zamzamy (Doc Amikom)

Adapun perguruan tinggi yang masuk 10 besar mulai dari UI, UGM, ITB, Unbraw, IPB, Undip, Udayana, STEI TEBI, Setia Budi dan Amikom. Tim dari Universitas Amikom Yogyakarta berhasil mendapat juara satu.

Amikom berhasil mengungguli tim dari Universitas Udayana di peringkat dua, Universitas Indonesia di peringkat tiga dan Universitas Gadjah Mada yang meraih like terbanyak di voting via Instagram.

Kaprodi Teknik Komputer dan Teknik Informatika, Melwin Syafrizal mengatakan, Zamzamy merupakan gim edukasi yang dipadukan teknologi augmented reality. Tujuannya, memudahkan anak-anak dalam belajar mengaji.

"Selain meningkatkan interaksi dan motivasi belajar, gim ini menguatkan kemampuan berpikir anak," kata Melwin melalui rilis yang diterima Republika, Senin (8/10).

Sejumlah fitur yang terdapat dalam aplikasi muai penampilan 3D model huruf hijaiyah, video tutorial menulis huruf hijaiyah dan audio makhrojul huruf. Aplikasi Zamzamy dapat diunduh di Google Play Store.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA