Friday, 10 Safar 1440 / 19 October 2018

Friday, 10 Safar 1440 / 19 October 2018

Tiga Konten Paling Diminati Masyarakat Indonesia di Youtube

Jumat 05 Oct 2018 11:11 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra

Youtube

Youtube

Foto: AP
Salah satunya adalah konten pembelajaran atau tutorial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youtube bak gudang yang menyimpan segala macam jenis video mulai dari yang inspiratif, lucu, sampai kontroversial. Cukup ketik apa yang ingin ditonton platform milik Google ini akan menyodorkan apa yang kita cari. Namun, di antara sekian video berjejal di YouTube, apa yang sebenarnya paling diminati penonton Indonesia?

Head of Consumer Marketing Google Indonesia Fibriyani Elastria menuturkan ada tiga jenis konten yang paling disukai masyarakat Tanah Air. Pertama adalah konten soal musik. Kedua, konten entertainment atau hiburan. Ketiga, orang Indonesia juga gemar mencari video tutorial.

"Ternyata orang Indonesia suka belajar. Maka kita mencoba untuk membantu agar para kreator yang sudah ada bisa lebih berkembang dari sisi subscriber," ungkap Fibri saat ditemui pada Kamis (4/10).

Lalu bagaimana cara mendorong konten-konten tersebut agar semakin berkembang dan berkualitas? Fibri mengatakan pihaknya memberi pembekalan kepada kreator bagaimana caranya membuat konten yang berkualitas.

Termasuk membagikan tips dan trik membuat konten berdasarkan pengalaman dari negara-negara lain. "Selain memberi pembekalan, kami juga menginfokan update-update terbaru dari Youtube," jelasnya.

Berkaca dari yang sudah ada, menurutnya kunci sukses di Youtube adalah karena para kreator mengerjakan apa yang mereka sukai. "Kita bantu agar konten yang dibuat bisa lebih engage ke penonton dan kita infokan trennya seperti apa," imbuh Fibri.

Dari analisis yang dilakukan YouTube diketahui umumnya orang menonton video untuk mencari hiburan dan inspirasi. "Mereka banyak menonton ketika berada di jalan, saat sampai di rumah sepulang kerja, atau ketika akhir pekan," paparnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA