Sunday, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

Sunday, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

Instagram Tambah Tiga Fitur Keamanan Baru

Rabu 29 August 2018 11:44 WIB

Red: Indira Rezkisari

Instagram.

Instagram.

Foto: EPA
Pengguna Instagram bisa melihat informasi tambahan dari akun berpengikut besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram meluncurkan tiga fitur baru untuk menjaga kemananan para pengguna. Instagram mengharapkan fitur baru membantunya menjadi platform yang lebih aman.

"Hari ini, kami ingin mengangkat tiga langkah penting yang diluncurkan untuk terus menjaga Instagram serta komunitas kami yang terdiri dari satu miliar orang, tetap aman," kata Co-Founder dan CTO Instagram, Mike Krieger, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (29/8).

Pertama, fitur baru tersebut dapat membantu pengguna memeriksa autentisitas akun Instagram dengan jumlah pengikut yang besar. Selain itu, Instagram meluncurkan formulir untuk permintaan verifikasi secara global, bagi akun-akun tokoh publik terkemuka. Tidak hanya itu, Instagram mengumumkan pula pembaruan autentikasi dua faktor agar penggunaan lebih aman.

"Misi kami adalah mendekatkan Anda dengan orang-orang dan hal-hal yang Anda sukai, dan kedekatan ini hanya dapat terjadi jika Instagram terus menjadi platform yang aman," ujar Krieger.

Tentang akun ini

Dalam beberapa minggu mendatang, Anda akan dapat melihat informasi tambahan dari akun-akun di Instagram yang memiliki jumlah pengikut yang banyak, sehingga Anda dapat memeriksa autentisitas dari akun tersebut. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sebuah akun, buka profil akun tersebut, tekan menu dan pilih "Tentang Akun Ini."

Di sini, Anda akan melihat kapan akun tersebut bergabung di Instagram, negara asal, akun-akun pengikut Anda yang juga mengikuti akun tersebut, perubahan nama pengguna selama tahun lalu. Hingga iklan yang saat ini tengah dijalankan oleh akun tersebut.

Pada September, pengguna yang memiliki akun dengan jumlah pengikut yang besar dapat meninjau informasi tentang akun mereka, sebelum informasi tersebut dibagikan kepada publik. Setelah itu, fitur "Tentang Akun Ini" akan tersedia bagi semua pengguna Instagram secara global.

Formulir permintaan verifikasi

Selain fitur "Tentang Akun Ini," lencana verifikasi berwarna biru juga merupakan salah satu cara penting bagi pengguna untuk mengetahui apakah akun yang berinteraksi dengan mereka adalah akun resmi dari tokoh publik terkemuka, selebritas merek atau entitas global. Instagram menyediakan cara baru bagi akun yang memiliki banyak pengikut dan memenuhi kriteria Instagram, dalam meminta lencana verifikasi Instagram melalui formulir yang terdapat dalam aplikasi.

Untuk memperoleh lencana verifikasi, sebuah akun harus memenuhi Ketentuan Layanan dan Panduan Komunitas Instagram. Instagram akan meninjau permintaan verifikasi untuk mengonfirmasi keaslian, keunikan, kelengkapan, dan kelayakan setiap akun.

Untuk mengakses formulir permintaan verifikasi, buka profil Anda, tekan ikon roda gigi, dan pilih "Minta Verifikasi." Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna, nama lengkap Anda dan salinan kartu identitas atau surat pernyataan resmi mengenai bisnis Anda. Informasi ini tidak akan dibagikan secara publik.

Perlu diingat, mengirimkan permintaan verifikasi tidak menjamin bahwa akun Anda akan diverifikasi. Setelah permintaan ditinjau, Anda akan menerima notifikasi yang mengonfirmasikan atau menolak permintaan Anda dalam laman notifikasi.

Instagram juga menegaskan tidak pernah menarik biaya untuk pengajuan verifikasi atau menghubungi Anda untuk mengonfirmasi permintaan verifikasi Anda.

Autentikasi dua-faktor

Terakhir, pengguna akan segera dapat menggunakan aplikasi autentikator pihak ketiga untuk login ke akun Instagram. Bentuk autentikasi dua-faktor ini membantu Anda untuk login ke Instagram secara lebih mudah dan aman.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk login ke akun Instagram Anda, buka pengaturan, tekan "Privasi dan Keamanan" dan pilih "Autentikasi Dua Faktor." Pilih "Aplikasi Autentikasi" sebagai bentuk autentikasi yang Anda pilih.

Jika Anda sudah mengunduh sebuah aplikasi autentikasi di perangkat Anda, Instagram akan menemukan aplikasi tersebut secara otomatis, dan mengirimkan kode login ke aplikasi tersebut. Buka aplikasi, dapatkan kode dan masukkan kode tersebut ke Instagram, dan autentikasi dua faktor akan diaktifkan secara otomatis.

Jika Anda belum memiliki aplikasi autentikasi dua faktor pihak ketiga, Instagram akan mengarahkan Anda ke Apple App Store atau Google Play Store untuk mengunduh aplikasi autentikator pilihan Anda. Setelah mengunduhnya, kembali ke Instagram untuk melanjutkan pengaturan autentikasi dua-faktor Anda.

Dukungan untuk aplikasi autentikator pihak ketiga mulai diluncurkan dan akan tersedia untuk komunitas global dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA